Jangan Buru-buru Ambil KPR DP 0 Persen, Simak Hal Ini Agar Tidak Terjebak

Jangan Buru-buru Ambil KPR DP 0 Persen, Simak Hal Ini Agar Tidak Terjebak


TRIBUNTIMUR.COM – Pemerintah resmi memberlakukan fasilitas uang muka alias down payment (DP) untuk kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 0 persen yang mulai berlaku 1 Maret 2021.

Kebijakan ini mengacu pada keputusan Bank Indonesia (BI) yang menerapkan pelonggaran aturan loan to value (LTV) untuk pembelian unit properti.

Beberapa pihak menyambut baik skema DP 0 persen karena diyakini mampu menggeliatkan kembali usaha properti yang lesu akibat pandemi Covid-19.

Namun, tak sedikit juga yang menganggap kebijakan itu bak promo yang mengajak orang agar tak berpikir panjang sebelum membeli unit tanpa memperhatikan hal-hal penting dalam skema DP persen.

Lantas, apakah momen ini merupakan saat yang pas untuk membeli rumah?

Seorang agen properti Raywhite, Dewi, memaparkan bahwa pentingnya literasi properti sebelum memutuskan mengambil sebuah unit rumah atau apartemen.

Dewi menilai meski sudah ada pemberlakukan DP KPR 0 persen, justru harusnya membuat masyarakat khususnya kaum milenial lebih berhati-hati saat membeli rumah.

“Banyak kita temui beberapa klien kami ternyata masih sering belum tahu skema dalam KPR. Akhirnya mereka merasa terjebak dalam skema kreditnya, padahal sebelumnya ia sudah menyetujui skema tenor pembayaran dan biaya lain-lain,” tuturnya.

“Ini akibat minimnya pengetahuan dan kurangnya inisiatif mencari tahu soal kredit rumah,” imbuh Dewi saat dihubungi Tribunnews, Selasa (2/3/2021).

Cicilan jadi bengkak





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: