Jadikan Apartemen Mungil Lebih Hidup dengan Desain Skandinavia Halaman all

Dekorasi minimalis Japandi atau perpaduan Jepang dan Skandinavia diprediksi akan jadi tren di tahun 2021.


JAKARTA, KOMPAS.com — Apartemen kini tengah menjamur di perkotaan. Beberapa orang lebih memilih tinggal di apartemen karena lokasinya yang seringkali berada di tengah kota menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal yang praktis.

Fasilitas dan keamanan yang ada di apartemen juga membuat hunian ini lebih diminati daripada rumah biasa.

Ada banyak tipe yang bisa kamu pilih, seperti apartemen dua kamar tidur, apartemen tiga kamar tidur, apartemen studio, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Dekorasi Skandinavia untuk Hiasi Rumah Bergaya Minimalis

Apartemen studio adalah tipe terkecil. Biasanya orang lebih memilih apartemen studio karena harganya yang lebih murah, karena tipe ini terbilang mungil, apartemen studio mudah dibersihkan. Tipe ini juga sangat ideal untuk kamu yang tinggal sendiri.

Sayangnya karena ruangannya terlalu kecil sehingga mudah membuat kita merasa terlalu sempit dan tidak nyaman.

Untuk itulah, pada tipe ini diperlukan dekorasi ruangan yang tepat. Dengan sesain yang pas, apartemen mungil akan menjadi tempat tinggal yang paling nyaman.

Ada beberapa desain yang bisa kamu terapkan pada interior apartemen. Namun, untuk apartemen mungil, kamu harus memilih desain yang menghadirkan tampilan cerah dan simpel.

Baca juga: Mau Dekor Dapur Mungil Minimalis ala Skandinavia? Perhatikan 7 Hal Ini

Jadi, desain ala Skandinavia bisa menjadi desain yang tepat untuk diterapkan.

Desain Skandinavia yang keren dan menenangkan

Dilansir dari Roohome, Rabu (17/2/2021), beberapa orang lebih menyukai sesuatu yang terlihat keren agar terlihat dewasa. Dan untuk kamu yang ingin memiliki tampilan apartemen yang adem namun juga bernuansa menenangkan, desain Skandinavian bisa memberimu keduanya.

Pada desain Skandinavia, kamu harus menghadirkan nuansa menyejukkan dan menenangkan. Untuk mewujudkannya, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan warna putih dan abu-abu

Setelah menentukan desain interior apartemen, langkah selanjutnya adalah menentukan warna dasar untuk interior itu sendiri. Dan pada tahap ini, kamu harus berhati-hati karena warna yang kamu gunakan akan menghadirkan desain yang kamu pilih.

SHUTTERSTOCK/APINYA KURAKHAN Dekorasi minimalis Japandi atau perpaduan Jepang dan Skandinavia diprediksi akan jadi tren di tahun 2021.

Pada desain Skandinavia, warna yang bisa menjadi pilihan adalah warna netral seperti, putih, krem, abu-abu, dan hitam. Kamu bisa menggabungkan warna keempat ini atau kamu dapat menggunakan beberapa di antaranya.

Dalam menghadirkan tampilan look ke dalam apartemen mungil, kamu bisa menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai warna dasar apartemen.

Untuk menambah kesan segar, aplikasikan warna putih pada dinding dan abu-abu pada furnitur apartemen, seperti sofa, tempat tidur, dan permadani.

Baca juga: Ide Desain Ruang Makan Mungil ala Skandinavia

2. Menggunakan elemen kayu

Nuansa alam memang terasa menyejukkan. Dan kamu dapat menggunakan ini sebagai ide untuk menghadirkan kehangatan pada apartemen mungil milikmu.

 

Untuk desain Skandinavia, kamu bisa menghadirkan nuansa alam berupa kayu.

Dan untuk Skandinavia, Anda bisa menghadirkan nuansa alam berupa kayu. Usahakan memilih kayu yang cerah agar tampilan apartemen Skandinavia semakin terlihat cerah.

Pada desain ala Skandinavia, kayu digunakan untuk lantai dan beberapa furnitur, seperti rak, meja, dan sebagainya.

3. Apartemen mungil terlihat lebih luas

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa apartemen kecil akan mudah merasa tidak nyaman. Dekorasi yang salah akan membuat ruangan kecil ini terasa sempit. Jadi, jika ingin membuat apartemen mungil terasa nyaman, kamu harus membuatnya terasa lebih luas.

Baca juga: Ingin Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia? Perhatikan 7 Hal Ini

Dalam membuat sebuah apartemen terasa lebih besar, tentunya tidak sembarangan. Kamu perlu mengetahui tip dan trik bagaimana memberikan ilusi yang luas agar hunian mungil terasa nyaman.

– Gunakan dinding putih

Salah satunya adalah dengan menerapkan warna putih pada dinding hunian. Karena untuk membuat ruangan berukuran kecil terasa lebih besar, kamu harus membuat tampilan ruangan menjadi cerah. Dan menggunakan warna putih sebagai dasar warna apartemen merupakan cara tepat yang bisa kamu coba.

Warna putih bisa diaplikasikan pada dinding dan plafon. Menggunakan beberapa furnitur berwarna putih juga memengaruhi tampilan apartemen. Tapi, jangan mengaplikasikan warna putih ke semua apartemen karena apartemenmu justru akan terlihat kaku.

– Pastikan cukup cahaya alami

Selanjutnya adalah, kamu harus memastikan bahwa hunian harus mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Desain Rumah Skandinavia hingga Garden House

Dengan memanfaatkan cahaya alami, apartemen tidak akan terasa sempit sehingga akan membuatmu nyaman.

Jadi, agar apartemen terlihat terang, kamu harus memastikan bahwa cahaya bisa leluasa masuk ke dalam ruangan tanpa adanya penghalang.

Dengan cara ini, sinar matahari masuk ke dalam apartemen dan memantul ke dinding putih sehingga apartemen akan terlihat lebih cerah dan terasa lebih hidup.

– Menggunakan penghalang

Pada apartemen mungil atau apartemen studio, biasanya tidak terdapat pembatas ruangan karena hanya terdapat satu ruangan di dalam apartemen studio. Oleh karena itu, agarapartemen studio terasa lebih luas dibutuhkan pembatas ruangan.

 

Namun, jangan salah memilih pembatas ruangan. Jika salah maka apartemen mungil akan terasa dan terlihat lebih kecil. Kamu bisa memilih pembatas ruangan berupa kaca atau rak terbuka. Atau bisa juga menggunakan karpet untuk memberi ilusi bahwa ada tempat berbeda dalam satu ruangan.

4. Tampilan lebih sederhana dan segar

Terlalu banyak furnitur atau dekorasi di dalam apartemen tentu akan membuat hunian menjadi tidak nyaman dan semakin terkesan kecil.

 

Baca juga: Dekorasi Skandinavia untuk Hiasi Rumah Bergaya Minimalis

Apartemen kecil akan terasa lebih sempit dan pengap. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat tampilan apartemen sesederhana mungkin, namun tetap harus terlihat cantik dan manis.

Berikut tips membuat apartemen Skandinavia tampil simpel dan segar.

– Gunakan hanya furnitur yang dibutuhkan
Karena keterbatasan tempat, maka untuk membuat apartemen mungil terlihat simpel adalah dengan menggunakan furniture yang hanya dibutuhkan seperti tempat tidur, meja, sofa, permadani, meja tulis dan kursi.

Dan untuk membuat tampilan apartemen tidak kaku, kamu dapat menambahkan beberapa dekorasi seperti foto, lukisan, tanaman kecil, dan sebagainya.

Selain itu, agar tampak semakin sederhana, kamu harus memilih furnitur berukuran kecil. Sedangkan untuk warnanya, kamu bisa memilih warna putih, abu-abu, beige, dan hitam. Khusus untuk warna hitam, jangan terlalu banyak mengaplikasikannya, agar tak kehilangan konsep cerah dari desain Skandinavia ini.

Baca juga: 5 Aturan Desain Dapur Minimalis

– Tanaman hijau membuat apartemen terlihat dan terasa segar
Dalam menghadirkan tampilan segar ke dalam apartemen, penggunaan tanaman merupakan solusi yang tepat. Warna hijau di beberapa titik di apartemen akan membuat apartemen terasa segar secara keseluruhan.

Untuk memilih tanaman, kamu bisa menyesuaikan dengan sudut dimana kamu ingin meletakkannya. Kamu bisa meletakkan di sebelah rak, atau di atas meja dan di dalam rak itu sendiri.

Tanaman yang dihadirkan bisa tanaman hidup indoor, atau tanaman sintetis. Namun jika kamu meletakkan tanaman hidup kamu akan mendapatkan manfaatnya yakni udara yang lebih sehat dan segar serta kegiatan baru untuk merawat dan menyiraminya.

Tapi, kekurangan jenis tanaman hidup membuat kamu harus meluangkan waktu untuk merawatnya. Jika salah, tanaman akan cepat layu bahkan mati.

Jika kamu memilih tanaman sintetis, kamu tak perlu merawatnya, hanya perlu membersihkan permukaannya dari debu dan kotoran saja.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: