Izin Bangun Rumah Dipercepat, Bisnis Properti Bisa Bangkit

Perizinan bangun rumah dipangkas bisa bangkitkan sektor properti. Ilustrasi: Shutterstock


Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat perizinan pembangunan gedung dan rumah tinggal dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 118 Tahun 2020 tentang Izin Pemanfaatan Ruang.
 
“Semoga kebijakan percepatan dan penyederhanaan perizinan dalam peraturan tersebut bisa berjalan dengan baik dan implementatif,” kata Ketua DPD REI DKI Jakarta Arvin F Iskandar di Jakarta, Kamis, 11 Februari 2021.
 
Peraturan ini ditujukan untuk memberikan stimulus kepada sektor industri realestat agar bisa bangkit di tengah kesulitan akibat pandemi covid-19.






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terobosan yang dilakukan Pemrov DKI dalam hal perizinan di DKI Jakarta ini sangat strategis dalam mendukung iklim usaha dan meningkatnya geliat roda perekonomian ke depan.
 
Hal itu mengingat bahwa industri realestat selama ini menjadi salah satu lokomotif perekonomian nasional yang mempunyai efek pengganda (multiplier effect) dari 175 sektor lainnya.
 
Kebijakan penyederhanaan dan percepatan proses perizinan pembangunan gedung dan rumah yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta sudah sejalan dengan hasil survei dan riset yang dilakukan oleh REI DKI Jakarta sejak 2020.
 
Salah satu isinya adalah bahwa mayoritas pengembang realestat, anggota REI DKI Jakarta, masih mempersepsikan bahwa salah satu tantangan dalam pengembangan kota sesuai RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) 2014-2019, adalah tidak mudah untuk mendapatkan izin membangun properti. Karena itu, Pemprov DKI perlu melakukan penyederhanaan dan percepatan perizinan.
 
“Jika ada poin-poin dalam pergub itu yang kemudian perlu aturan pelaksanaannya, maka harus segera dilengkapi. Kami siap diajak berkomunikasi,” ungkapnya.
 
Pergub Nomor 118 Tahun 2020 itu juga merupakan bentuk keinginan Gubernur bahwa pembangunan DKI Jakarta akan selalu berorientasi pada kepentingan publik. Pengembang REI DKI Jakarta selalu mendukung pengembangan kota ini, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jakarta.
 
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan telah memangkas durasi proses perizinan gedung dari 360 hari menjadi 57 hari. Sementara izin bangunan rumah tinggal menjadi 14 hari saja.
 
(KIE)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: