5 Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Ragam Kondisi Lahan Sempit

View of spacious hotel room in taupe. 3D render


Memiliki rumah yang nyaman sudah pasti menjadi impian setiap orang ya, Bunda. Dari sekian banyak jenis desain arsitektur rumah, desain dengan gaya minimalis sedang naik daun dan disukai banyak pasangan muda nih, Bunda.

Bukan tanpa alasan, sebab desain rumah minimalis menawarkan banyak keuntungan. Di antaranya terlihat lebih simpel, tidak memakan banyak lahan, dan tidak terlalu besar, namun tetap terlihat modern dan elegan menyesuaikan gaya masa kini.

Karena tidak memakan banyak lahan, rumah minimalis dinilai sebagai alternatif terbaik bagi pasangan muda yang memimpikan rumah impian tetapi terkendala masalah biaya. Meski identik dengan bangunan kecil, ukuran rumahnya bisa diperluas dengan cara menjadikannya dua lantai atau rumah bertingkat nih, Bunda.





Desain dua lantai juga memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya bisa menghemat lahan, cocok bagi Bunda yang tinggal di daerah perkotaan yang padat. Dikutip dari buku Home Ideas Rumah 2 Lantai, berikut ini 5 desain rumah minimalis dua lantai dengan luas lahan mulai dari 80 meter persegi, yang bisa Bunda jadikan inspirasi.

1. Memaksimalkan Bukaan

Bunda bisa merancang rumah tipe 81 m² dengan banyak bukaan geometris dan garis pada fasadnya, Bunda. Rumah ini dirancang dengan kebutuhan ruang yang cukup.

Di lantai satu, terdapat ruang tamu, dapur, serta kamar mandi yang dapat diakses dengan mudah. Area bawah tangga juga dimaksimalkan menjadi gudang penyimpanan barang. Untuk menciptakan suasana asri dan segar di hunian, ditambahkan kolam ikan di depan rumah.

Sementara di lantai dua, selain kamar anak juga terdapat ruang keluarga. Ruang keluarga sengaja di desain di lantai dua guna menciptakan ruang berkumpul yang lebih privasi. Selain itu, terdapat pula teras rumah atau balkon untuk memperlancar sirkulasi udara di ruangan serta sebagai tempat menikmati pemandangan dari dalam rumah.

Rancangan bangunan ini sangat cocok untuk rumah-rumah yang berada di dalam kota yang sederhana, tetapi sesuai dengan kebutuhan keluarga kecil, Bunda.

Ilustrasi rumah minimalis/ Foto: istock

2. Rumah Sudut

Jika Bunda memiliki lahan hook (sudut) maka bisa dengan ide berikut: pada lantai satu, terdapat teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Sedangkan lantai dua terdapat kamar tidur dan ruang kerja.

Letak rumah yang berada di sudut lahan mampu mengekspos keindahan arsitektur bangunannya dari dua arah. Pasalnya, di sisi samping terdapat jendela kaca besar di area kamar tidur yang diberi shading, serta disusun secara horizontal dari bahan aluminium.

3. Rumah Dinamis

Apabila Bunda ingin membangun rumah bergaya minimalis yang berdiri di lahan seluas 80 m², juga bisa melakukan permainan pada fasadnya. Desain rumahnya dibuat seakan tertarik ke luar yang akan menjadi pusat perhatian, khususnya pada bagian tengah rumah.

Aksen horizontal yang dipadu dengan kolom bulat tampak lebih dinamis dan bergaya sangat modern. Terdapat pula sunshading berupa elemen horizontal yang digunakan sebagai penahan panas matahari dan penahan tempias hujan, sehingga membuat bagian dalam rumah terasa lebih nyaman.

Gaya minimalis rumah ini ditonjolkan melalui penggunaan bukaan kecil di atas jendela dan pintu sebagai sirkulasi udara. Bagian luar bangunan juga dibuat taman dengan kolam ikan yang memberikan suasana sejuk nan asri bagi lingkungan rumah.

Rumah minimalis ini memiliki dua kamar tidur. Kamar tidur utama berada di lantai satu dengan kamar mandi dalam, sehingga penghuni akan mendapatkan kenyamanan privasi yang lebih.

Sedangkan, ruang keluarga yang sangat besar berada di lantai dua. Penempatan ruang keluarga di lantai dua berfungsi  sebagai ruang yang mengakomodasi kebutuhan penghuni rumah agar memperoleh kebebasan yang penuh dan dinamis.

Masih ada dua inspirasi lain untuk rumah minimalis dua lantai di lahan sempit di HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga rumah minimalis dalam video berikut yang disulap dari lahan sempit.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Cha Eun WooBanner Cha Eun Woo/ Foto: Mia Kurnia Sari



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: