Nikkei 29 Januari Terendah 3 Pekan, Cetak Weekly Loss 3,3%

Nikkei 29 Januari Terendah 3 Pekan, Cetak Weekly Loss 3,3%


Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang menutup perdagangan pekan ini dengan kembali melemah hingga ke posisi terendah 3 pekan pada hari Jumat (29/1/2021).  Indeks Nikkei tertekan cukup signifikan, demikian sepanjang minggu ini anjlok 3,3%. Penurunan Nikkei lanjutan hari ini dipicu oleh laporan ketersediaan tenaga kerja di Jepang.

Data pemerintah menunjukkan bahwa rasio ketersediaan pekerjaan Jepang mencatat penurunan paling tajam sejak 1975, sementara tingkat pengangguran rata-rata menandai kenaikan pertama dalam 11 tahun, menyoroti besarnya dampak pandemi virus corona pada pekerja.

Kemudian indeks kepercayaan konsumen turun menjadi 29,6 di bulan Januari, terlemah sejak Agustus. Demikian juga data  perumahan baru juga turun 9% tahun ke tahun di bulan Desember, penurunan ke 18 bulan berturut-turut dan paling tajam sejak September.

Indeks harian Nikkei ditutup anjlok 534,03 poin atau 1,89% menjadi 27.663,39, posisi harian terendah sejak 7 Januari. Demikian untuk indeks Topix turun 1,64% menjadi 1.808,78.  Untuk indeks Nikkei berjangka bulan Maret 2021 bergerak turun 480 poin 1,71% menjadi 27570.

Saham yang menguat baru-baru ini seperti saham Canon turun 7,4% meskipun pembuat kamera dan printer ini mengumumkan pertumbuhan pendapatan yang solid di kuartal terakhir seperti yang diharapkan. Demikian saham Advantest turun 1,9%, menghapus kenaikan sebelumnya sebesar 5,1% setelah perusahaan menaikkan perkiraan laba untuk tahun yang berakhir pada Maret, mengutip permintaan yang kuat untuk mesin pengujian chipnya.

Saham Tokyo Electron tergelincir 4,9%, membalikkan kenaikan 2,4% sesi sebelumnya  setelah pembuat mesin pembuat chip tersebut menaikkan proyeksi tahunannya. Trrdapat saham yang kuat dari sektor teknologi seperti saham  Fujitsu naik 1,5% dan Shinko Electric naik 7,2%.

 Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: