Tips Memilih Rumah Baru Anti-Banjir di Cuaca Ekstrem

Waspada dampak La Nina. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao


JAKARTA, investor.id – Musim hujan sudah kembali hadir. Berita banjir pun mulai menghiasi headline media massa yang mungkin membuat perasaan Anda sedikit was-was. Terutama jika baru saja naksir untuk membeli rumah baru yang belum ketahuan banjir atau nggaknya. Tenang, dengan membaca artikel ini Anda akan segera mengetahui tips membeli rumah baru anti banjir di cuaca ekstrem seperti belakangan ini. Demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/1).


1. Perhatikan lokasinya

Harga rumah baru murah di tengah kota? Mungkin harus sedikit diwaspadai, tuh. Anda harus jeli melihat lokasi rumah dijual yang menarik perhatian tersebut. Apakah akses jalannya menurun? Seberapa dekat hunian dengan sungai atau kali? Bagaimana kondisi got dan gorong-gorong di halaman rumah?

Hal-hal ini terkesan sepele padahal memberikan banyak petunjuk apakah rumah incaran betul-betul bebas banjir atau justru rawan banjir. Repot sedikit perlu demi kenyamanan jangka panjang, kan?

2. Posisi rumah tinggi

Meski tidak semua berita banjir diberitakan di koran atau TV, namun kalau Anda melihat bagian depan hingga teras rumah yang ditinggikan ada kemungkinan daerah tersebut pernah mengalami banjir. Oleh karena itu, pilihlah posisi rumah baru yang letaknya lebih tinggi dari jalanan. Hal ini penting untuk mencegah air mengalir masuk ke dalam rumah ketika cuaca ekstrem dan air got meluap. 

Setidaknya dengan posisi rumah yang lebih tinggi dari jalanan jika curah hujan sedang tinggi, tuh, air hanya menggenang di jalanan depan rumah. Tidak akan sampai masuk ke dalam rumah yang hanya menyulitkan Anda untuk membersihkannya pasca banjir surut. 

3. Tanda lapuk dan keropos

Perhatikan pula bagian kayu yang ada di sekitar bangunan meskipun Anda mengincar rumah baru. Apakah ada tanda-tanda lapuk pada pintu atau kusen jendela? Biasanya, nih, rumah dijual yang lokasinya pernah terendam banjir selama beberapa hari memiliki pintu maupun kayu penyangga cenderung lapuk.

Meski penjual bilang bahwa rumah baru direnovasi, ya, pagar atau tiang kanopi garasi yang berkarat  juga perlu mendapat perhatian khusus. Tidak masuk akal, dong, bila di dalam rumah berbau cat dengan tembok terlihat kinclong, tetapi bagian depannya terlihat seadanya banget. Agar tidak salah duga, Anda juga bisa membandingkannya dengan rumah tetangga kiri-kanan, ya. Jangan lupa pilih konsultan jual beli rumah terpercaya yang bisa memberikan nasehat dengan objektif. 

4. Cek penempatan stop kontak

Jika mengincar rumah baru yang kebetulan Anda ketahui berpotensi banjir, nih, sebaiknya segera memindahkan stop kontak atau steker listrik ke posisi lebih tinggi dari umumnya. Sekitar 60 cm hingga 100 cm dari lantai bisa dipertimbangkan demi mencegah korsleting seandainya air masuk ke dalam rumah. 

Anda juga bisa meningkatkan keamanan dengan meletakkan kabel-kabel yang sengaja dibuat melintang mendekati plafon rumah agar terbebas dari ancaman banjir. Letak kabel listrik dan stop kontak tinggi ini juga aman bagi Anda yang masih memiliki anak usia balita. 

5. Dekorasi dan perabot minimalis 

Mentang-mentang rumah baru, ya, Anda berniat mengisinya dengan perabot dan beragam dekorasi? Ingat, rumah yang lapang dan berperabot minimalis justru memberikan kenyamanan optimal. 

Jika kebetulan daerah rumah baru incaran berlokasi di daerah rawan banjir, sih, sebaiknya tetap didekorasi sesimpel mungkin. Secara logika pasti lebih mudah seperti itu demi bersiap ‘menyambut’ datangnya cuaca ekstrem seperti belakangan ini, kan.  

6. Gudang di lantai atas

Dengan alasan kepraktisan, tuh, umumnya gudang berada di lantai bawah. Namun, tidak ada salahnya bila memiliki ruangan khusus untuk menyimpan barang di lantai atas, kok. Seandainya terjadi banjir di rumah baru maka Anda sudah punya tempat untuk mengamankan barang-barang berharga agar tidak rusak terendam banjir.

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: