Desain Rumah Minimalis Modern dengan Pencahayaan Maksimal Halaman all


KOMPAS.com – Penataan pencahayaan termasuk faktor penting yang turut memperelok desain sebuah rumah. Rumah minimalis yang dirancang oleh tim arsitek Simple Project Architecture, contohnya.

Berlokasi di Surabaya, rumah ini memiliki desain pencahayaan yang cantik dan mengagumkan.

Berbicara soal pencahayaan, tentu bukan hanya pencahayaan buatan melalui lampu. Yang tidak kalah penting adalah pencayahaan alami.

Pencahayaan alami yang melimpah di dalam rumah memberikan banyak keuntungan.

Pemakaian listrik menjadi lebih hemat karena berkurangnya jumlah lampu, maupun minimnya pemakaian lampu pada siang hari.

Sirkulasi udara di dalam rumah pun menjadi lebih baik. Efeknya, rumah terasa lebih sejuk dan terang.

Nah, desain rumah ini berhasil menghadirkan desain pencahayaan alami dan buatan sehingga selalu tampil cantik, baik pada siang maupun malam hari.

1. Berlimpah Cahaya dengan Kaca Sebagai Material Utama Fasad

Fasad dinding kaca yang membuat ruangan terang benderang, karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Fasad dinding kaca yang membuat ruangan terang benderang, karya Simple Projects Architecture

Tak hanya pada gedung-gedung tinggi saja, penggunaan kaca sebagai material utama fasad semakin digemari di rumah-rumah tinggal.

Seperti di rumah minimalis modern ini, tim arsitek Simple Projects Architecture mengaplikasikan material kaca pada fasad hunian, baik pada fasad lantai satu maupun fasad lantai dua.

Pada fasad kaca minimalis di lantai 2, material kaca diaplikasikan hingga di bagian bawah konstruksi kuda-kuda atap yang berbentuk segitiga.

Aplikasi kaca seperti ini membuat rumah terlihat unik dan lebih modern.

Selain itu, penambahan ornamen berupa pot beton berbentuk kotak putih berisikan tanaman hias pada salah satu sudutnya semakin membuat fasad rumah ini tampak manis.

Dinding kaca di ruang tamu karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Dinding kaca di ruang tamu karya Simple Projects Architecture

Sementara di lantai satu, dinding kaca telah membuat ruang tamu terang benderang pada siang hari.

Pada malam hari, desain rumah minimalis modern ini sangat mempesona karena terlihat memancarkan cahaya kuning keemasan dari lampu-lampu dalam hunian yang dinyalakan.

2. Taman Samping dengan Desain Terbuka

Taman samping dengan tanaman-tanaman hijau nan segar karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Taman samping dengan tanaman-tanaman hijau nan segar karya Simple Projects Architecture

Taman samping juga dimanfaatkan sebagai jalan masuk cahaya sekaligus menghadirkan nuansa alam di dalam rumah.

Pada desain rumah minimalis modern ini, tim Simple Projects Architecture memanfaatkan bagian dasar void sebagai inner courtyard terbuka dengan bagian atas tanpa atap sama sekali.

Ruang keluarga dengan pemandangan inner courtyard karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Ruang keluarga dengan pemandangan inner courtyard karya Simple Projects Architecture

Keberadaan inner courtyard ini menjadi sumber pencahayaan alami yang mengagumkan sekaligus menjaga sirkulasi udara dalam ruangan.

Ruang keluarga menjadi salah satu ruangan yang mendapatkan limpahan cahaya alami yang berasal dari area inner courtyard ini.

Pintu-pintu kaca besar menjadi pembatas antara ruang keluarga dan inner courtyard.

Saat pintu kaca dibuka lebar, tak hanya cahaya alami saja yang melimpah, tetapi juga udara segar pun mengalir ke dalam ruang keluarga.

Ruang makan yang terang benderang karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Ruang makan yang terang benderang karya Simple Projects Architecture

Selain ruang keluarga, ruang makan juga berada bersebelahan dengan inner courtyard. Ruang makan tepatnya berada di bagian depan ruang keluarga.

Tak ada sekat apa pun antara ruang makan dan ruang keluarga sehingga semakin sempurna tercipta kesan ruangan yang luas dan lega.

Kamar tidur yang berada di samping inner courtyard karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Kamar tidur yang berada di samping inner courtyard karya Simple Projects Architecture

Masih ada satu lagi ruangan yang mendapatkan pencahayaan yang mengagumkan dari keberadaan inner courtyard atau taman dalam ruang ini, yakni kamar tidurnya.

Tak hanya dari satu inner courtyard saja, kamar tidur juga mendapatkan pencahayaan alami dari dry garden yang berada di sisi lain rumah.

Jadi, bisa dibayangkan, suasana kamar begitu sejuk dan terang berkat jendela rumah minimalis.

3. Pencahayaan di Lantai 2 yang Mengagumkan

Dinding kaca dan skylight karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Dinding kaca dan skylight karya Simple Projects Architecture

Tak hanya ruangan di lantai satu saja yang menerima limpahan cahaya. Ruangan-ruangan yang berada di lantai dua pun memiliki pencahayaan yang mengagumkan.

Contohnya saja di ruang duduk yang berada tepat di atas ruang keluarga ini.

Ruangan ini diapit dua sisi yang bisa menjadi sumber cahaya alami, yaitu dari skylight di atas area tangga, dan dinding kaca di sisi yang lainnya.

Pintu-pintu kaca yang bisa dibuka lebar sebagai pembatas, karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Pintu-pintu kaca yang bisa dibuka lebar sebagai pembatas, karya Simple Projects Architecture

Sedangkan, satu sisi terbuka lainnya merupakan bagian atas void yang bagian dasarnya dimanfaatkan untuk inner courtyard.

Jika pintu-pintu kaca dibuka lebar, ruang duduk bakal menerima limpahan cahaya matahari langsung dan juga sirkulasi udara yang sangat baik.

Void yang menjadi sumber cahaya dan udara segar karya Simple Projects Architecturewww.arsitag.com Void yang menjadi sumber cahaya dan udara segar karya Simple Projects Architecture

Selain ruang duduk, kamar tidur di lantai dua yang berada bersebelahan dengan ruang duduk juga mendapat paparan pencahayaan yang sama.

Pencahayaan yang optimal ini diperoleh dari kombinasi keberadaan void dan penggunaan material kaca pada pintu-pintu lebar dan juga jendela.

4. Pohon yang Menjulang Tinggi dari Dry Garden

Kamar tidur di lantai dua yang sejuk dan terang karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Kamar tidur di lantai dua yang sejuk dan terang karya Simple Projects Architecture

Desain rumah minimalis modern ini memiliki dua void yang bagian dasarnya dimanfaatkan untuk taman dalam ruangan atau inner courtyard dan dry garden.

Dry garden yang berukuran kecil, ditanami sebuah pohon yang menjulang tinggi. Void kedua ini pula yang menjadi sumber pencahayaan untuk kamar tidur di lantai dua.

Penggunaan material kaca untuk pintu-pintu lebar karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Penggunaan material kaca untuk pintu-pintu lebar karya Simple Projects Architecture

Lagi-lagi, material kaca digunakan sebagai pembatas antara kamar tidur dan area void.

Pintu pintu lebar dari material kaca bermanfaat secara optimal sebagai jalan masuk bagi cahaya alami.

Berkat penggunaan material kaca ini pula, desain rumah cahaya alami turut mendapat pemandangan hijaunya dedaunan pohon di dry garden yang menyegarkan suasana kamar.

Langit-langit kamar tidur yang lebih tinggi karya Simple Projects Architecture www.arsitag.com Langit-langit kamar tidur yang lebih tinggi karya Simple Projects Architecture

Suasana kamar tidur di lantai dua ini semakin terang dan luas berkat langit-langit yang dirancang mengikuti bentuk atap segitiga.

Rancangan ini membuat langit-langit menjadi lebih tinggi, sehingga sirkulasi udara di dalam kamar menjadi semakin lancar.

Nah, desain rumah minimalis ini telah menjadi contoh sebuah hunian dengan pencahayaan yang mengagumkan.

Tim Simple Projects Architecture berhasil merancang rumah yang tak hanya terang, tetapi juga nyaman dan sejuk untuk ditinggali.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan konsep hunian seperti ini?

 



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: