Vaksinasi Gratis Covid-19 di Korsel Dimulai Bulan Depan

Presiden Korsel Moon Jae-in. (AFP)


Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa vaksin virus korona (covid-19) akan tersedia gratis bagi semua warga Korsel tanpa terkecuali. Vaksin-vaksin ini akan mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional Korsel bulan depan.
 
“(Pemerintah) akan memastikan semua orang akan divaksinasi tanpa dipungut biaya,” kata Moon dalam pidato tahun baru, dilansir dari laman Yonhap pada Senin, 11 Januari 2021. Ia memastikan vaksinasi nasional Korsel akan dimulai Februari mendatang.
 
Dalam pidatonya, Moon meminta maaf kepada masyarakat Korsel yang mengalami kesulitan terkait meroketnya harga rumah selama pandemi. Ia berjanji akan mengambil “langkah cepat dan beragam” dalam memastikan penyediaan sejumlah perumahan baru dengan harga terjangkau.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca:  Korsel Siap Beri Izin untuk Vaksin Covid-19 AstraZeneca-Oxford
 
Di bidang diplomasi, Moon mengatakan bahwa Korsel akan memperkuat aliansinya dengan Amerika Serikat menjelang pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada 20 Januari mendatang.
 
Ia juga berjanji akan mendorong “transisi besar” terkait terhentinya dialog program nuklir antara AS dan Korea Utara.
 
“Kekuatan pendorong utama dalam proses perdamaian di Semenanjung Korea adalah dialog dan kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Moon. “Tekad kami untuk bertemu (dengan Korea Utara), di tempat dan waktu kapan pun, tetap tak berubah,” lanjutnya.
 
Moon mengumumkan bahwa Korsel juga akan “secara aktif mempertimbangkan” bergabung dalam Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP). Hal itu akan dilakukannya sembari mendorong perjanjian perdagangan bebas dengan Filipina, Kamboja, dan Uzbekistan.
 
Bagi Korsel, sambung Moon, 2021 akan menjadi tahun “pemulihan” krisis covid-19. Tidak hanya itu, Korsel juga bertekad mendorong semangat inklusif dalam mengurangi disparitas sosial, dalam upaya bergerak menuju negara terdepan di kancah global.
 
(WIL)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: