5 Inspirasi Desain Rumah Open Plan yang Hemat dan Kekinian

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang Kekinian


Memiliki rumah yang luas ialah impian banyak orang. Namun, sering kali impian tersebut tidak bisa terwujud lantaran harga tanah yang mahal. Tak sedikit orang yang mengakali permasalahan tersebut dengan menerapkan desain tertentu agar bisa mewujudkan impian mempunyai rumah luas di lahan yang terbatas. Salah satu desain yang banyak dipakai untuk mewujudkan impian tersebut ialah desain open plan yang bisa memberikan kesan luas atau lapang pada rumah.  

Desain open plan sendiri bisa dilihat dari adanya penggabungan dua atau lebih ruangan menjadi satu ruangan terbuka dengan mengeliminasi penggunaan sekat, seperti dinding atau pintu. Pengeliminasian sekat tersebut nantinya akan memberikan kesan luas pada rumah dan juga tetap menjaga fungsi dari ruangan tersebut. Kalaupun menggunakan sekat, biasanya sifatnya ialah sekat sementara atau fleksibel. 

Banyak orang yang menganggap desain yang satu ini sangat mudah diaplikasikan. Nyatanya, penerapan desain ini nggak bisa sembarangan, lho. Jika penataan interior dilakukan secara salah maka alhasil keutamaan dari desain open plan ini tidak bisa didapatkan. 

Lalu,bagaimana penataan dan desain open plan secara tepat. Merangkum dari berbagai sumber, berikut Popbela berikan 7 desain rumah open space yang memberikan kesan luas pada rumah. 

1. Open plan untuk apartemen

Archify.com/SVEInterior

Berada di lahan terbatas, penggunaan open plan bisa dibilang jadi solusi ampuh untuk mereka yang tinggal di apartemen. Untuk kamu yang mau meniru desain ini, kamu bisa menerapkan desain open plan pada ruang makan, dapur dan juga ruang keluarga yang dibiarkan bersatu tanpa sekat. Pemisah ruangan pada desain ini dilakukan dengan membedakan lampu gantung yang berbeda di tiap ruangnya. 

2. Open plan di lahan 3,5 meter

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianArchify.com/AGoArchitecs

Desain open plan yang satu ini diciptakan oleh arsitek Abimantra di huniannya yang memiliki luas 3,5 meter. Penerapan open plan diterapkan Abimantra melalui penggabungan ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang dibiarkan menjadi satu. Selain itu, Abimantra juga menggunakan mebel multifungsi, dengan membuat meja di ruang keluarga sebagai tempat penyimpanan dan juga lantai menuju ruang makan. Keren banget, ya!

3. Penggunaan sekat furnitur

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianArchify.com/VindoDesign

Ya, selain menggunakan sekat fleksibel buka-tutup, kamu juga bisa menggunakan furnitur sebagai sekat pemisah antar ruang, lho. Hal ini bisa kamu terapkan dengan melihat inspirasi desain open plan yang satu ini. Sang pemilik rumah menggunakan furnitur berupa dua buah kursi untuk memisahkan ruang keluarga, ruang makan dan juga meja belajar. Sebagai penegas fungsi tiap ruangnya, sang pemilik meletakkan karpet dan juga hiasan dinding di ruang keluarga. 

4. Open plan gaya industrial

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianArchify.com/InkDesignStudio

Penerapan desain industrial yang dikombinasikan dengan desain open plan membuat ruangan ini semakin cantik. Kamu bisa membiarkan tiap ruangnya terbuka seperti pada gambar dengan menggunakan tangga tanpa railing sebagai sekatnya. 

5. Open plan tanpa sekat

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianArchify.com/Studiotalk

Nah, yang satu ini merupakan desain open plan yang tidak menggunakan sekat apapun. Namun, untuk membedakan antar ruangnya, yaitu ruang makan dan juga ruang keluarga, sang pemilik menggunakan lampu gantung yang berada di atas ruang makan. Desain yang satu ini juga cocok banget untuk rumah mungil karena penggunaan kaca pada salah satu sisi dinding membuat rumah tampak terang dan terasa sejuk. 

6. Open plan kamar tidur dengan balkon

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianDecoist.com

Desain yang satu ini cocok banget untuk kamu yang punya pemandangan super cantik di balkonnya. Kamu bisa menggabungkan kamar tidur dengan balkon seperti pada contoh desain di atas. Menggiurkan, ya. 

7. Penggunaan partisi fleksibel bisa jadi solusi

Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang KekinianArchify.com/EbenArchitect

Contoh yang satu ini menerapkan desain open plan pada ruang kamar tidur yang juga dijadikan sebagai ruang menonton TV. Agar mencapai fungsi yang maksimal, pemilik rumah memilih menggunakan sekat fleksibel yang bisa dibuka dan ditutup. Penggunaan paartisi fleksibel ini cocok dijadikan alternatif untuk kamu yang menginginkan privasi dan juga kebersamaan di satu ruang yang sama. 

Dengan inspirasi desain open plan seperti di atas, rumah kamu cocok untuk menerapkan yang mana nih, Bela?

Baca Juga: 9 Ide Desain Kreatif untuk Mengakali Kamar Kos yang Kecil

Baca Juga: Lebih Praktis, Inilah 8 Tren 2021 untuk Desain Interior Rumah Kekinian

Baca Juga: Ini 7 Tren 2021 untuk Cat Dinding dan Desain Interior Rumah 





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: