Sama-sama Terjangkau, Lebih Baik Beli Properti di Depok atau Bekasi?

alexametrics


JawaPos.com – Mencari hunian yang masih dekat dengan Jakarta? Biasanya pilihan jatuh ke perumahan baru di Depok maupun perumahan baru di Bekasi. Maklum, harganya relatif terjangkau dengan fasilitas yang tak kalah lengkap.

Namun, tinggal di Depok maupun Bekasi tentu ada kelebihan yang harus diulik lebih dalam. Selanjutnya tinggal siapkan bujet untuk mencari hunian impian sesuai kebutuhan Anda.

Depok di selatan Jakarta
Setiap bulan pasti ada perumahan baru di Depok yang bermunculan. Kota ini terdiri atas 11 kecamatan dan 63 kelurahan yang tersebar di wilayah seluas 200,3 km². Padahal awalnya kota ini merupakan kecamatan dalam wilayah kabupaten Bogor yang kemudian menjadi kota mandiri penyangga Jakarta sejak tahun 1999.

Menyebut Depok tentu tidak lengkap tanpa sederetan sekolah dan universitas ternama yang berada di sana. Hal ini tentu saja ikut mengukuhkannya sebagai kota pendidikan sehingga menarik minat para pendatang untuk tinggal di sana. Terutama keberadaan Universitas Indonesia yang merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia sekaligus menjadi kawasan resapan air bagi Kota Depok.

Harga perumahan baru di Depok pun lebih terjangkau bagi pasangan muda yang mencari hunian pertamanya. Anda bisa mendapatkan rumah mungil dengan luas tanah 21 m² – 36 m² berfasilitas lengkap seharga kurang dari Rp200 juta di kecamatan Cipayung, Pancoran Mas, Sawangan, maupun Tapos.

Kelebihan lain perumahan baru di Depok adalah akses jalan tol yang menghubungkannya dengan Jakarta, Bogor, maupun Tangerang. Sebut saja Tol Depok – Antasari (Desari) untuk memangkas jarak antara warga Depok menuju Jakarta Selatan hingga Serpong, sementara Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) memudahkan perjalanan ke Cibubur, Cimanggis, maupun Bogor.

Jika Anda memilih perumahan baru di Depok tentu saja tidak perlu mengkhawatirkan nilai investasi yang dimiliki. FYI, harga properti di Depok naik sekitar 10% – 15% per tahun! Dijamin akan menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan karena cukup stabil sementara pembangunan di Depok sendiri masih terus berkembang.

Bekasi di timur Jakarta
Bagi Anda yang lebih condong berburu perumahan baru di Bekasi, simak juga kelebihan kota dengan 12 kecamatan dan 56 kelurahan ini. Saat ini Bekasi sedang giat berbenah agar bisa menjadi kota satelit penyangga Jakarta yang menyediakan kawasan niaga serta hunian.

Fasilitas yang ditawarkan di sekitar perumahan baru di Bekasi pun nggak main-main. Ada layanan perbankan, area perkantoran, pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, rumah sakit, tempat rekreasi, hingga kantor administrasi pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Jalanan yang lebar dan terintegrasi dengan Tol Jakarta – Cikampek, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), maupun Tol Cimanggis – Cibitung tentu saja memudahkan akses dari dan menuju Jakarta, Depok, Bogor, hingga ke Bandung untuk aktivitas harian maupun short getaway.

Perumahan baru di Bekasi juga memiliki range harga yang beragam seperti perumahan baru di Depok. Bujet yang harus Anda siapkan berkisar antara Rp120 juta hingga Rp8,75 miliar untuk rumah ukuran 35 m² – 530m² di lokasi yang nyaman dan aman.

Saat ini perumahan baru di Bekasi yang banyak dilirik orang di antaranya Jababeka Residence, Kota Harapan Indah, Summarecon Bekasi, serta Toyota Housing. Anda akan mendapatkan hunian eksklusif bergaya modern minimalis dengan dengan fasilitas terbaik, di antaranya keamanan 24jam, sarana olahraga, serta ruang terbuka hijau.

Bukan hanya nyaman sebagai hunian keluarga, perumahan baru di Bekasi juga menjadi investasi menjanjikan dengan harga tanah yang terus naik hingga 17% per tahun. Apalagi pembangunan dan prasarana juga semakin meningkat di Kota Patriot ini.

Lalu, lebih baik beli properti di Depok atau Bekasi? Baik Depok maupun Bekasi sudah berkembang pesat dan memiliki akses strategis bagi para pekerja di Jakarta dan sekitarnya. Semua kembali kepada kebutuhan Anda. Jika lokasi kerja Anda dekat dengan kawasan industri di Bekasi, tentu pilihan terbaik di timur Jakarta. Namun jika alasan Anda adalah tinggal di kota yang hijau dengan perkembangan yang pesat dan jauh dari kawasan industri, Depok boleh Anda andalkan.

Anda sendiri sudah menemukan jawabannya setelah membaca kelebihan dan keuntungan masing-masing dari artikel ini, kan? Dan, akan lebih baik lagi kalau misalnya Anda memiliki dua hunian sebagai investasi jangka panjang. Hitung-hitung sebagai passive income saja. Setuju?

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: