Bekasi Jadi Kawasan yang Terus Berkembang

Ilustrasi perumahan. (IST)


BEKASI, investor.id –  Membeli rumah di Bekasi sebenarnya tidak pernah salah. Salah satu kota yang dekat dari Jakarta ini tidak pernah kehabisan properti untuk Anda miliki. Banyak perumahan baru di Bekasi yang menawarkan tempat tinggal sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat deretan listing rumah di Bekasi sebaiknya mengenal dulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu bisa memutuskan lebih baik membeli properti baru atau second di Bekasi.

Dulu mungkin Bekasi dianggap berada jauh dari Jakarta sehingga sering disebut ‘Planet Bekasi’. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak perumahan baru di Bekasi dengan harga bersaing yang membuat warga Jakarta mulai melirik properti di sana. Demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (16/12).

Bayangkan saja, rumah dijual di Bekasi dengan harga sama seperti di Jakarta bisa memiliki bangunan dan tanah lebih luas! Inilah yang membuat perumahan baru dijual di Bekasi tidak pernah sepi peminat.


Incaran keluarga muda

Harga rumah dijual di Bekasi cukup terjangkau sehingga menjadi incaran pasangan muda yang ingin membeli hunian pertamanya. Misalnya, dengan bujet Rp200 juta sudah dapat rumah tapak di perumahan baru di Bekasi terdiri atas 2 kamar dengan ukuran tanah 30-50 m2. 

Sementara untuk rumah second dengan kisaran harga sama bisa mendapatkan luas bangunan 40 m2 dan luas tanah 84 m2. Namun, tentunya harga properti di tiap kecamatan berbeda-beda, ya. FYI, Bekasi terdiri atas 12 kecamatan, yaitu Pondok Gede, Jati Sampurna, Jati Asih, Bantar Gebang, Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Medan Satria, Bekasi Utara, Mustika Jaya, dan Pondok Melati.

Sama seperti Jakarta, harga rumah dijual di Bekasi bergantung pada lokasi dan kemudahan aksesnya. Properti yang berdekatan dengan Tol Bekasi Barat dan Tol Bekasi Timur tentu saja nilainya lebih tinggi dibanding perumahan baru di Bekasi yang letaknya lebih ke dalam. 

Selama beberapa tahun terakhir rumah dijual di Bekasi yang dekat stasiun juga banyak dicari orang. Jika malas membawa kendaraan pribadi maka Anda bisa naik KRL Commuter Line jurusan Bekasi/Cikarang – Jakarta Kota dari Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, hingga Stasiun Cikarang yang berlokasi di Kabupaten Bekasi. 

Nah, kalau daerah yang tergolong elite di Bekasi dengan rumah harga miliaran berada di Marga Mulya kecamatan Bekasi Utara serta Harapan Indah di kecamatan Medan Satria. Dengan range harga Rp1,1 miliar hingga Rp9,5 miliar untuk hunian dua lantai. 

Kota Mandiri

Bekasi dengan luas 210,5 km² memiliki jumlah penduduk 3,4 juta jiwa termasuk kota yang padat. Untungnya hal ini didukung oleh infrastruktur yang mumpuni sehingga warga Bekasi bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman.

Pasar, supermarket, dan mal untuk memenuhi kebutuhan bulanan maupun harian tersedia di berbagai pelosok kecamatan. Sebut saja Summarecon Mall Bekasi, Metropolitan Mall, Grand Metropolitan Bekasi, Revo Town (dulu Bekasi Square), maupun Grand Galaxy Park merupakan beberapa pusat perbelanjaan yang tak pernah sepi pengunjung.

Tidak ketinggalan sekolah bergengsi dengan jenjang pendidikan usia dini hingga pendidikan tinggi, rumah sakit, layanan perbankan, kantor polisi, hingga ruang terbuka hijau yang masih di angka 15% turut menjadi daya tarik tersendiri. 

Bekasi akan terus berbenah untuk menciptakan kawasan hunian dan niaga potensial yang tidak kalah dari Jakarta. Tentunya hal ini akan ikut mendongkrak harga perumahan baru di Bekasi. FYI, harga tanah di Bekasi naik hingga 17% per tahun. Cocok buat Anda yang sedang mencari investasi jangka panjang!

Lalu, rumah dijual di Bekasi sebaiknya membeli yang baru atau second? Itu kembali lagi pada kebutuhan dan bujet Anda karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan secara matang.

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: