Covid-19 Sebabkan Bisnis Properti Turun 90%

Zooming with Primus --Jurus Penuhi Hunian MBR Live di Beritasatu TV, Kamis (5/11/2020). Sumber: BSTV


JAKARTA, investor.id -Real Estate Indonesia (REI) menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan bisnis properti mengalami penurunan tajam hingga 90%.

“Pandemi ini memang memukul hampir kegiatan bisnis sektor properti, mall, hotel perkantoran dan juga perumahan,” ungkap Ketum REI Paulus Totok Lusida, dalam acara Zooming With Primus: Jurus Penuhi Hunian MBR, di Jakarta, Kamis (5/11).

Acara yang dipandu Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu ini juga menghadirkan Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana, Direktur Propan Raya Yuwono Imanto.

Zooming with Primus –Jurus Penuhi Hunian MBR Live di Beritasatu TV, Kamis (5/11/2020). Sumber: BSTV

Totok mengatakan, akibat pandemi hampir semua sektor properti mengalami terjun bebas. Mall turun mencapai 85%, okupansi hotel rata-rata turun mencapai 90%, perkantoran turun 74%, dan rumah komersial turun antara 50-80%.

“Saat ini hanya segmen rumah subsidi yang masih bertahan pada masa pandemi. Terutama di daerah masih ada antusias pasar,” kata Totok.

Menurut dia, properti sempat mau pulih pada kuartal II- 2020 terutama di Jabodetabek dan Banten, pasca PSBB pertama ada kenaikan 81% dan kawasan Tangerang Raya masih menjadi primadona untuk mencari rumah. “Rumah di bawah Rp 1,5 miliar masih memiliki potensi besar,” kata Totok.

Sedangkan sektor MBR, dengan adanya stimulus dari pemerintah sebesar Rp1,5 triliun yang dimasukkan dalam SSB (subsidi selisih bunga) dan SBUM (Subsidi Bantuan Uang Muka) memberikan dampak positif bagi MBR dan juga pengembang untuk bangun rumah murah.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: