Ide Menata Rumah Mungil Berkonsep Industrial Minimalis

Putu Elmira


Liputan6.com, J akarta – Dinding tanpa finishing cat jadi salah satu karakter gaya industrial minimalis yang kerap ditampilkan hunian masa kini. Contohnya dapat dilihat pada hunian tiga lantai yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat.

Konstruksi bangunan yang seolah-olah setengah jadi, justru membuat hunian berkesan tegas dan maskulin. Arsitek bangunan, Fandy Gunawan Studio, menambahkan sentuhan yang tak biasa untuk rumah industrial minimalis ini berupa roster terakota nan cantik.

Penggunaan roster terakota inilah yang menjadi ornamen artistik untuk fasad rumah. Yuk, simak inspirasi selengkapnya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Roster Terakota nan Cantik di Rumah Industrial Minimalis

Roster berfungsi sebagai jalan masuk udara ke dalam sebuah bangunan. Biasanya, roster dipasang di atas pintu maupun di atas jendela. Tetapi dalam perkembangannya, roster dipakai pula sebagai material konstruksi pembentuk tembok.

Untuk mendukung gaya industrial minimalis yang diusung, Fandy Gunawan Studio memilih roster terakota atau tanah liat. Tembok beton tanpa finishing yang dipadukan dengan roster terakota menjadi kombinasi yang sangat cantik pada fasad bangunan. Roster terakota ini dibiarkan begitu saja sesuai warna aslinya tanpa tambahan cat atau finishing apa pun.

Roster terakota yang dipasang di bagian atas fasad bangunan sesungguhnya berfungsi ganda. Selain sebagai jalan masuk udara, roster terakota yang disusun tinggi ke atas, berfungsi pula sebagai secondary skin untuk menahan paparan cahaya matahari. Keberadaan dinding roster terakota sekaligus menjaga privasi area master bedroom dan balkon yang berada di belakangnya.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: