Terdampak Covid-19, Rencana Bangun Dua Mapolsek Dibangun Satu

Terdampak Covid-19, Rencana Bangun Dua Mapolsek Dibangun Satu


Rencana pembangunan dua Mapolsek yakni, Kanigaran dan Kedopok di Kota Probolinggo tahun ini hanya bisa diwujudkan satu mapolsek. Karena anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19, akhirnya hanya bisa dibangun Mapolsek Kanigaran.

Padahal sebelum pandemi Covid-19, Pemkot Probolinggo sudah matang menyiapkan dua petak lahan masing-masing 700 meter persegi di Jalan Citarum dan Jalan Serayu, Kota Probolinggo. Tidak hanya lahan, Pemkot Probolinggo juga menyiapkan dana sekitar Rp5 miliar melalui APBD 2020 untuk membangun dua mapolsek tersebut.

Ketika pandemi berkecamuk, pemkot merefocusing ABPD terkait penanganan Covid-19. “Kami hanya bisa membangun Mapolsek Kanigaran dengan anggaran Rp2,5 mliar dengan penawaran Rp2,1 miliar tahun 2020 ini,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Probolinggo, Agus Hartadi kepada wartawan, Kamis, 24 September 2020.

Bahkan Senin mendatang, 28 September 2020, proyek pembangunan Mapolsek Kanigaran di Jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting dimulai dengan peletakan batu pertama. “Proyek tersebut memakan waktu 100 hari kerja,” katanya.

Disinggung pembangunan Mapolsek Kedopok di Jalan Serayu, Agus mengatakan, ditunda pembangunannya. “Insya-Allah, dibangun pada 2021 mendatang,” katanya.

Berdasarkan catatan, Kota Probolinggo memiliki lima kecamatan dengan tiga Mapolsek yakni, Mayangan, Kademangan, dan Wonoasih. Sedangkan dua kecamatan lainnya, Kanigaran dan Kedopok tidak memiliki mapolsek.

Karena tidak memiliki polsek sendiri, warga di Kecamatan Kanigaran dilayani Polsek Mayangan. Sementara warga di Kecamatan Kedopok dilayani Polsek Wonoasih.

Hal senada diungkapkan Kapolresta, AKBP Ambariyadi Wijaya. Dikatakan rencana awal memang Pemkot Probolinggo akan menghibahkan dua petak tanah sekaligus dua mapolsek di atas tanah tersebut.

“Tetapi apa boleh dikata, rencana yang sudah matang itu terkena dampak Covid-19. Akhirnya tahun 2020 ini hanya bisa dibangun Mapolsek Kanigaran,” katanya. Diharapkan pembangunan Mapolsek Kedopok masih bisa ditunda pada 2021 mendatang.

Yang jelas, rencana pembangunan mapolsek itu untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di belahan selatan. Termasuk mengantisipasi gangguan keamanan di daerah yang kini banyak tumbuh kompleks perumahan baru.

Editor : Moch. Amir





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: