Coba Desain Rumah Tropis Modern, Ini Keunggulannya : Okezone Economy


JAKARTAArsitektur hunian saat ini semakin mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya melulu dengan konsep atau desain rumah yang begitu-begitu saja.

Desain rumah dengan bentuk dekat dengan alam, layaknya rumah tropis modern hingga saat ini masih diminati oleh banyak penghuni rumah. Sebab, rumah dengan desain tropis modern mampu menyesuaikan diri pada bentuk alam sekitarnya.

Baca juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Rumah jenis ini dikembangkan dengan memadukan arsitektur tropis dan modern. Sehingga, model hunian yang diciptakan tidak ketinggalan perkembangan zaman.

Ciri-ciri dari rumah jenis ini adalah penggunaan bidang geometris dan ditutup dengan atap pelana yang curam. Seperti yang dikutip dari buku 30 Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern karya Luna Mantyasih, Tika Novis Putri, Jakarta, Minggu (6/9/2020).

Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Tampilan dari rumah jenis ini lebih mengacu pada gaya modern minimalis yang sedang tren saat ini. Kombinasi modern dengan konsep tropis yang lebih natural membuat tampilan hunian tidak berkesan kaku.

Dalam permainan bidang yang dinamis baik bentuk, ukuran, tekstur, hingga warna juga dapat menambah kenyamanan visual penghuni. Elemen geometri seperti bujur sangkar, persegi panjang yang disusun secara vertikal atau horizontal banyak digunakan dalam hunian tropis modern.

Untuk atap dalam hunian jenis ini biasanya menggunakan material dengan plester semen keramik yang bertekstur seperti batu candi, batu alam dengan finishing permukaan yang kasar. Sedangkan untuk penutup pada bagian atap menggunakan genting asbes, tanah liat, strap hingga plat baja.

Rumah minimalis juga biasanya menggunakan jenis atap pelana dengan kemiringan yang besar. Hal tersebut dikarenakan oleh salah satu bentuk atap yang ideal untuk merespons iklim tropis karena salah satu bentuk yang ideal.

Nah untuk pemilihan warna pada rumah tidak memiliki kriteria khusus dan ketentuan khusus. Namun biasanya, rumah jenis ini di dominasi dengan warna abu-abu yang dipadu dengan putih, sebab warna tersebut netral dan dapat dikombinasikan dengan warna kontras pada bidang-bidang tertentu.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: