Jadi Tren di Ibu Kota, Bentuk Taman Sesuai dengan Desain Rumah : Okezone Economy


JAKARTA – Rumah menjadi salah satu bangunan yang mempunyai peran penting bagi setiap orang. Oleh karena itu penataan rumah dan taman harusnya menjadi perhatian utama bagi perancang dan pemilik agar menghasilkan perpaduan yang baik.

Apalagi saat ini banyak kehidupan perkotaan dengan aktivitas padat dan jarang terdapat ruang hijau. Padahal ruang hijau dapat pula diciptakan dari rumah.

 Baca juga: Punya Taman Minimalis di Rumah, Ini Filosofi dari Barat dan Timur

Kehadiran taman yang asri justru akan memperindah bangunan, oleh karena itu sebaiknya perbandingan antara bangunan dan tamam adalah 60% untuk koefisien dasar bangunan (KDB) dan 40% sisanya untuk koefisien dasar hijau (KDH). Seperti yang dilansir dari buku buku “40 Inspirasi Desain Taman Minimalis” karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Sebaiknya, penataan taman di rumah ditata dan dikonsepkan sama dengan desain bangunan rumah. Misalnya, rumah dengan desain minimalis sebaiknya dipadupadankan dengan konsep taman minimalis pula.

 Baca juga: Tak Masalah Lahan Kecil, Begini Cara Tanam Buah di Pot

Hal tersebut dilakukan sebab taman yang berfungsi sebagai bingkai sebuah bangunan rumah. Sehingga keduanya akan menciptakan perpaduan rumah yang selaras.

Adanya rumah dengan tema minimalis juga memberikan inspirasi untuk mengolah taman hingga pemilik rumah dapat merasakan keseimbangan pengalaman ruang. Baik dari dalam ruang atau luar ruang, yang akan mewujudkan sebuah lingkungan yang selaras dan serasi.

Tentunya, keterbatasan lahan bukan menjadi penghalang untuk menciptakan ruang hijau pada rumah kan?

(rzy)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: