Perpaduan Desain Rumah Industrial dan Minimalis, Lega dan Tetap Estetik

Asnida Riani


Liputan6.com, Jakarta – Popularitas desain rumah minimalis memicu variasi rancangan kian beragam. Padu padan antar gaya pun tak lagi terelakkan. Gaya minimalis ini kemudian disandingkan dengan style industrial.

Jika diamati, desain minimalis memiliki kesamaan dengan industrial dalam penggunaan warna netral, seperti abu-abu, hitam, putih, maupun warna-warna bumi alias earth tone. Selain itu, pada dasarnya, aliran gaya industrial pun mengutamakan konsep minimalis yang minim dekorasi.

Di sebuah rumah industrial minimalis di Tangerang Selatan, Anda akan melihat desain unfinished dari pemakaian material ekspos. Pemanfaatannya seolah mencerminkan karakter pemilik hunian yang jujur dan tegas.

Untuk rumah ini, arsitek Pramudya memadukan gaya industrial yang menonjolkan material ekspos dan gaya minimalis yang sangat menjaga efektivitas penggunaan furnitur. Benda-benda yang tak benar-benar dibutuhkan disingkirkan, sehingga hunian yang disebut Rumah Segitiga ini tampil simpel dan cantik.

Berikut ulasan bagian-bagian rumah yang desainnya merupakan hasil berkawinan gaya minimalis dan industrial rangkuman Arsitag.

Fasad Rumah Industrial Minimalis yang Unik

Tanpa menggunakan desain atap pelana yang populer di Indonesia, atap hunian ini berbentuk segitiga siku-siku. Dengan begitu, desain atap hanya memiliki satu sisi miring saja.

Sisi atap yang miring dibuat memanjang hingga ke samping rumah. Di bagian depan fasad, penggunaan secondary skin diterapkan pada bagian muka bangunan dengan memanfaatkan material kaca.

Secondary skin terbuat dari besi yang ditata membentuk kisi-kisi mendatar ini terkesan rapi dan simpel. Besi-besi tersebut dibiarkan tanpa finishing untuk mendapat kesan industrial. Tujuan penambahan secondary skin ini tak lain untuk mereduksi panas dan cahaya matahari, sekaligus meningkatkan estetika bangunan.

 



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: