Strategi Bisnis Properti Modal Kecil yang Menguntungkan

strategi bisnis properti


strategi bisnis properti
Ilustrasi strategi bisnis properti. Foto: Istimewa

Ada banyak strategi bisnis properti yang hanya membutuhkan modal kecil yang bisa dipilih. Memulai menjalankan bisnis properti membutuhkan tekad dan niat yang serius. Sedangkan modal akan mengikuti langkah yang dijalankan.

Bagi kebanyakan orang, usaha jual beli rumah itu bersifat pulung atau untung-untungan. Tak sedikit orang yang gagal dalam bisnis ini meski segala perencanaan dan modal telah dikeluarkan.

Sebaliknya, tak jarang pula yang mampu membukukan penjualan banyak properti meski tanpa strategi bisnis properti yang muluk-muluk. Karena itu banyak yang meyakini bisnis rumah atau tanah sangat berhubungan dengan ‘nasib’.

Namun siapa yang bisa mengetahui nasib seseorang sebelum melakukan langkah nyata untuk membuktikannya. Apalagi usaha jualan properti termasuk jenis bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Memilih Strategi Bisnis Properti yang Tepat

Menjalankan bisnis properti bukanlah hal yang mudah. Bahkan ada yang percaya bahwa hoki seseorang terhadap rumah atau tanah tidak sama. Nah, beberapa pilihan strategi bisnis properti berikut mungkin bisa berguna.

Membeli Properti untuk Dijual Kembali

Strategi ini umum dilakukan orang yang ingin mengambil keuntungan secara santai. Tidak ada target penjualan karena membeli rumah atau properti tidaklah murah. Apalagi modal yang dimiliki tidak kecil.

Baca juga: Bisnis Properti Rumah, Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Cara jual beli rumah atau properti semacam ini memang mudah dilakukan. Anda tinggal mencari dan membeli properti yang prospektif namun harganya murah. Setelah itu tinggal ditawarkan untuk dijual kembali dengan harga jauh lebih tinggi.

Menjalankan strategi bisnis properti harus memiliki informasi dari tangan pertama. Anda bisa berburu informasi rumah atau tanah yang akan dijual dari teman, koran, sosial media, dan sumber internet lainnya.

Sebagai Agen Properti

Jika Anda tidak memiliki cukup modal namun mempunyai banyak waktu dan relasi, cara ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Anda tinggal menjadi developer atau perusahaan properti untuk bisa menjadi agen properti mereka.

Strategi bisnis properti sebagai agen properti freelance juga banyak dilakukan mahasiswa atau ibu rumah tangga dalam memanfaatkan waktu luang mereka. Dengan membangun jaringan, Anda bisa memperoleh komisi yang tidak kecil.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan broker properti yang menawarkan posisi sebagai agen freelance. Meski tak ada gaji, keuntungan yang diperoleh biasanya dari komisi penjualan yang berhasil Anda bukukan.

Makelar Rumah Kontrakan

Saat ini orang yang mencari rumah kontrakan terbilang sangat tinggi. Lihat saja iklan kecil di koran atau grup-grup Facebook, setiap hari banyak penawaran rumah yang akan dikontrakan.

Strategi bisnis properti sebagai makelar atau agen kontrakan rumah atau kost-kostan juga sangat prospektif. Bahkan saat ini banyak sekali iklan kontrakan yang dibuat para agen semacam ini karena peluangnya yang sangat besar.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Properti Syariah Paling Menguntungkan

Untuk menjalankan jenis bisnis properti ini hanya cukup dengan menghubungi pemilik rumah. Kemudian tawarkan kerja sama yang tentunya harus saling menguntungkan. Ambil foto detail rumah dan tawarkan di media online atau koran.

Membangun Properti Sendiri

Bentuk bisnis properti lainnya yang bisa dipilih adalah dengan membangun properti sendiri, baik perumahan kecil atau kos-kosan. Ibaratnya, ini perintisan sebelum Anda membangun perusahaan developer yang lebih besar.

Anda bisa memulai strategi bisnis properti ini dengan membangun beberapa rumah dengan desain yang menarik. Anda bisa juga membangun kos-kosan dengan jumlah kamar yang banyak.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini memang tidak kecil. Meskipun begitu keuntungan yang akan diraih juga setara dengan modal yang dikeluarkan. Tak sedikit pengusaha properti besar yang memulai usahanya dari langkah ini.

Itulah beberapa strategi bisnis properti yang bisa dipilih untuk mendapatkan keuntungan. Memulai usaha jual beli rumah semacam ini memang membutuhkan modal meski tidak besar. Yang penting, sesuaikan kemampuan Anda. (R11/HR-Online)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: