9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungan

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungan


Melihat permasalahan bumi saat ini, seperti tumpukan sampah yang tidak bisa didaur ulang, makin sempitnya lahan, sampai semakin mahalnya harga energi membuat banyak orang mulai beralih ke bangunan ramah lingkungan. Bahkan bisa dimulai dari rumah sendiri. Berikut sembilan ide brilian rumah-rumah ramah lingkungan yang layak diapresiasi. 

1. Bekas kontainer yang disulap jadi rumah layak huni 

dwell.com

Beberapa tahun belakangan muncul istilah off-grid house, alias rumah yang berdiri sendiri. Biasanya dibangun di tanah yang jauh dari pemukiman penduduk pada umumnya. Biasanya pemilik rumah pun menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk rumahnya, seperti bekas kontainer yang sudah tidak terpakai.

Meski terlihat terbuat dari logam dan bakal menghantarkan panas dan dingin lebih cepat, tentu mereka sudah menyulap bagian dalamnya agar bisa menyesuaikan suhu normal. Triknya bisa menggunakan pelapis dinding, memasang cool metal roof, menambah lubang angin dan ventilasi, serta menumbuhi sekitar rumah dengan pepohonan. 

2. Jendela dan pintu bekas sebagai fasad 

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungandesignboom.com

Cara lain membangun rumah layak huni yang ramah lingkungan adalah memanfaatkan barang bekas. Bisa berupa daun jendela dan pintu bekas yang ditata sedemikian rupa. Sudah ada beberapa arsitek yang mencobanya dan berhasil. Seperti contoh di atas yang merupakan sebuah pabrik minuman di Jepang. Menarik, bisa hemat listrik saat pagi dan siang hari. 

3. Logam bekas yang berikan efek rustic

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkunganinstagram.com/jarmundvigsnaes

Kalau melihat lembaran besi tua begini pasti banyak yang sudah anti duluan. Namun, kalau dibangun jadi hunian sekece ini sepertinya gak sedikit yang justru tertarik memperhatikan lebih dekat. Kesan rustic dan industrialis jadi satu, nyentrik banget. Desain fasad cubicle membuat bangunan ini tetap terlihat kontemporer walaupun bahannya logam bekas. 

4. Berkarat adalah perkara alami yang justru dibiarkan terjadi di rumah ini 

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungandwell.com

Mirip dengan konsep sebelumnya, sang penghuni rumah justru memilih logam sebagai dinding luar rumahnya untuk mendekatkan diri dengan alam. Pada akhirnya logam akan berkarat seiring berjalannya waktu dan itu tidak jadi masalah. Justru keindahannya bakal bertambah. Rumah yang menyatu dengan alam, nih. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!

5. Seng bekas yang biasa dibuang bisa jadi eksterior rumah 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkunganarchdaily.com

Sama dengan eksterior rumah berikut yang bahkan dibuat dari tumpukan seng yang ditata sedemikian rupa. Ternyata bisa jadi elok dan beda dari yang lain kalau penataannya benar. Tenang, bagian dalamnya tentu sudah dilengkapi dinding dengan insulasi yang bikin penghuni betah bahkan rapi dan bersih banget. 

6. Tidak harus bongkar dari awal, manfaatkan sisa atau bahan dari rumah yang sudah jadi 

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungandwell.com

Sempat berpikir kalau semua harus dibuat dari awal. Salah besar. Pasangan dari Indonesia ini pun berhasil bikin rumah keren dan ramah lingkungan, memanfaatkan struktur bangunan yang sudah ada.

Mereka menambahkan lebih banyak ruang terbuka dan ventilasi. Mengubah beberapa posisi denah rumah agar yang sempit bisa terasa luas. Lihat deh rumah-rumah di sekitarnya, kurang lebih seperti itu mungkin bentuknya dulu. Tak disangka sekarang bisa berubah jadi rumah terkeren dan terunik sekomplek. Bahkan garasinya terlihat jauh lebih luas.

7. Memanfaatkan bekas drum minyak jadi atap

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungandesignboom.com

Bahkan bekas drum minyak bisa disulap jadi atap sebuah rumah atau kafe. Tangki-tangki tersebut dibelah jadi dua dan ditata sedemikian rupa menyerupai genteng bergelombang agar air hujan bisa tersalurkan ke bawah dengan baik.

Bangunan ini sebenarnya adalah proyek yang dikerjakan sejumlah anak SMA di Italia dan difungsikan sebagai aula untuk seminar atau acara untuk mengumpulkan massa di dalam ruangan. Bahkan jendela-jendelanya pun dirangkai dari daun jendela bekas. 

8. Anti air dan lebih awet dengan cladding dari fiber glass

9 Desain Rumah Kece dengan Material Ramah Lingkungandezeen.com

Ada satu hal yang cukup dipermasalahkan para pegiat bangunan ramah lingkungan, apalagi kalau bukan ketahanan bahannya menghadapi cuaca. Apalagi kalau iklimnya lembap dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia.

Seorang arsitek asal Ceko akhirnya menemukan trik dengan melapisi bagian eksterior rumah yang terbuat dari kayu dan logam dengan cladding berbahan fiber glass atau plastik kuat. Dengan begitu, eksterior rumah dapat terlindung dari terik matahari dan hujan lebih lama tanpa mengurangi nilai estetikanya. 

Tertarik membuat rumah serupa? Jangan malas buat riset dulu, ya. 

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Bergaya Coastal, Buat Kamu Para Pecinta Pantai 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: