7 Keuntungan Pakai Material Kaca untuk Desain Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis dengan desain kaca


Jakarta

Dalam mendesain rumah minimalis modern, Bunda bisa menuangkan banyak ide. Salah satunya bermain dengan elemen dan bahan-bahan yang digunakan dalam ruangan.

Menurut Jennifer Tulley dari Jennifer Tulley Architects, minimalis adalah pendekatan untuk merancang, di mana elemen-elemen disederhanakan untuk komponen yang penting. Desainnya berkembang pada bentuk dan bahan yang digunakan.

“Desain harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan. Di sinilah penggunaan cahaya, bentuk, dan bahan sangat penting,” kata Tulley, dilansir Elle Decor, Minggu (17/5/2020).




Salah satu bahan yang bisa Bunda gunakan untuk membuat desain lebih indah adalah kaca. Bahan bangunan ini masih sering digunakan sebagai dekorasi dan desain.

Dikutip dari Residence Style, berikut 7 keuntungan jika Bunda menggunakan kaca dalam mendesain rumah minimalis modern:

1. Tidak mengganggu

Kaca memberikan sensasi keterbukaan dan membuat ruang terlihat luas. Contohnya pada panel kaca transparan yang bisa digunakan sebagai partisi koridor dan menghadirkan pemandangan dalam ruang.

Kaca bening dapat juga digunakan untuk membangun dinding. Kaca akan memberikan kesan bahwa ruangan terlihat indah di rumah minimalis modern.

Selain itu, kaca memungkinkan banyak cahaya masuk untuk mengisi area interior ruangan. Padukan kaca dengan dinding berwarna terang, detail bersih, modern, dan dekorasi yang rapi untuk memberikan daya tarik.

2. Tahan terhadap perubahan cuaca

Bahan kaca dapat menahan hujan, angin, dan matahari, Bun. Kaca bisa memantulkan, membiaskan, dan menyerap cahaya, serta memungkinkan penghuninya mengatur cahaya yang dapat memengaruhi aktivitas.

Bahan ini juga memiliki stabilitas termal yang sangat baik dan punya nilai ekspansi termal yang rendah. Ketika ada perubahan suhu, kaca tidak berpengaruh dibandingkan bahan konstruksi lainnya.

3. Bahan yang awet

Sifat desain rumah minimalis seringkali ketinggalan zaman. Namun, kaca dikenal sebagai bahan yang awet dan selalu ada dalam desain apapun.

Kaca merupakan komponen mendasar dalam mendesain rumah. Inilah mengapa Bunda bisa menggunakan kaca tanpa takut bosan atau terkesan kuno.

Rumah minimalis dengan desain kaca/ Foto: iStock

4. Bahan isolator

Kaca adalah isolator ideal untuk panas, listrik, dan gelombang elektromagnetik karena reaksinya terhadap cahaya. Beberapa jenis kaca bahkan tahan terhadap sinar ultraviolet, sinar X, dan inframerah.

Jenis lainnya juga dapat menahan transmisi suara tergantung ketebalan. Ketebalan kaca ini bisa memberikan keuntungan bagi penghuni rumah minimalis modern.

5. Resisten terhadap bahan kimia

Kaca dapat menahan efek dari reaksi kimia. Ketahanan kaca sangat baik terhadap sebagian besar bahan kimia korosif seperti alkali dan asam anorganik.

6. Banyak pilihan bentuk dan warna

Bahan kaca memiliki berbagai bentuk dan warna, Bun. Tergantung pada kebutuhan, kaca bahkan dapat dibentuk dan diwarnai sesuai selera. Selain itu, kaca adalah bahan bangunan yang mudah didapat.

7. Bisa diubah menjadi karya seni

Mendesain ruangan dengan kaca dapat mengubahnya menjadi seni kontemporer. Kaca biasa digunakan desainer interior untuk mengubah dekorasi menjadi karya seni dan menjaga ruang tetap fungsional.

Kaca adalah bahan serbaguna yang menambah nilai estetika pada bangunan apapun. Ketika sebuah rumah diselaraskan dengan konsep minimalis, kaca menjadi salah satu bahan terbaik untuk mulai membangun.

Simak juga tips membuat furnitur dari bahan sederhana, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: