Arsitektur Jalanan yang Ikonik dan Nyeleneh

Arsitektur 'Jalanan' yang Ikonik dan <i>Nyeleneh</i>


California: Bangunan arsitektur pinggir jalan di California, Amerika Serikat pernah merajai dan berjaya di era 1930-an. Meski demikian, banyak kritikus yang menganggapnya nyeleneh.

Sekarang, para arsitek jalanan di California kembali bangkit dengan bangunan-bangunan yang unik dan ikonik namun tetap memberi kesan nyeleneh.



Mulai dari sebuah bangunan donat raksasa, toko reparasi sepatu dengan bentuk menyerupai sepatu, toko es krim yang terlihat seperti burung hantu besar dan lainnya.

Foto: Ryan Mungia/TASCHEN

Di California Selatan khususnya terkenal dengan arsitektur-arsitektur bangunan yang aneh. Kita dapat menyaksikan bangunan-bangunan aneh dan ikonik di Los Angeles.

Salah satu karya arsitektur di 1920-an, sebuah bangunan dibuat menyerupai bom mobil yang dirancang untuk menarik perhatian pengendara yang lewat.

“Ini benar-benar di sekitar jalan yang dilalui mobil, dan transisi pusat perdagangan dari pejalan kaki di pinggir jalan,” kata Jim Heimann penulis ‘California Crazy’ dikutip CNN.com.

Bangunan Nyeleneh

Bangunan ini dibangun dengan anggaran terbatas dan dirancang untuk menjual produk. Meskipun melanggar pakem dan mengundang kritik para pakar arsitektur dunia.

“Para sejarawan dan kritikus benar-benar telah menolak segmen ini. Cukup bayak dicerca oleh semua orang karena dianggap tidak signifikan dan jelek. Ini tidak terlihat dalam sejarah arsitektur akan tetapi sekarang ada ruang untuk jenis bangunan seperti ini,” papar Heimann.

Segalanya mulai berubah pada 1972. Melalui ‘Learning From Las Vegas’. Sebuah buku tentang postmodernisme dan strip Las Vegas yang mengubah persepsi arsitektur pinggir jalan. Edisi pertama buku terbaru ‘California Crazy’ diterbitkan delapan tahun kemudian.

Arsitektur 'Jalanan' yang Ikonik dan <i>Nyeleneh</i>

Foto: Ryan Mungia/TASCHEN

Memang bangunan-bangunan ini berorientasi bisnis. Kebanyakan diperuntukkan bagi gerai makanan cepat saji, pelaku usaha kecil yang berjuang melawan kebangkrutan.

“Mayoritas mereka sudah hilang. Beberapa yang terkenal masih ada. Seperti toko donat raksasa dekat LAX,” ucap Heimann.

Ia menyebutkan dari ratusan bangunan yang digambarkan dalam buku tersebut, hanya memperkirakan sekitar 15 hingga 20 bangunan yang masih berdiri.

“Sangat sulit untuk mempertahankannya. Nilai properti sangat tinggi sehingga tidak mudah bagi mereka untuk bertahan terlalu lama,” paparnya.

Fenomena di Seluruh Dunia

Bentuk arsitektur semacam ini mungkin sudah melewati masa kejayaannya. Namun bangunan-bangunan baru sesekali muncul.

Ada beberapa alasan mengapa arsitektur pinggir jalan menjadi ciri khas California Selatan. Karena tidak banyak orang yang menetap lama di sana dan harga bangunan yang murah.

“Ini juga karena dekat dengan studio film, taman hiburan, dan karena di lingkungan tertutup ini kamu bisa memiliki sesuatu yang gila seperti burung unta raksasa dan gajah atau pagoda,” katanya.

Arsitektur 'Jalanan' yang Ikonik dan <i>Nyeleneh</i>

Foto: Ryan Mungia/TASCHEN

Tetapi fenomena bangunan ini tidak bersifat regional lagi. Terbukti dengan banyaknya negara lain yang melakukan hal serupa.

“Saya telah menemukan begitu banyak bangunan yang benar-benar gila di seluruh dunia. Australia memiliki beruang, koala raksasa, domba raksasa, dan nanas raksasa. Sementara di Jepang ada halte bus yang dibuat seperti stroberi, jamur besar. Di Tiongkok ada tiga raja dinasti Ming yang merupakan gedung apartemen 40 lantai,” tutupnya.

(KIE)







Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: