Begini Tanggapan Kabaharkam Komjen Agus Soal Keputusan Menkumham Bebaskan Napi

banner 468x60


NUSADAILY.COM – JAKARTA – Persoalan pembebasan para narapidana (Napi) menjadi perbincangan berbagai kalangan, yang menjadi viral di berbagai media massa.

Menanggapi hal tersebut, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan tidak berwenang menilai atau menanggapi keputusan Kementerian Hukum dan HAM, yang melakukan pembebasan sekitar 30 ribu warga binaan pemasyarakatan dan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) melalui Program Asimilasi dan Integrasi.

“Itu kebijakan pemerintah, silahkan ditanya sama institusi yang mengeluarkan kebijakan tersebut,” ujar Komjen Agus kepada wartawan di Jakarta, Jumat 3 April 2020.

Mantan Kapolda Sumut ini menjelaskan, polisi hanya memiliki kewenangan menangkap dan menahan seseorang yang masih dalam dugaan atau sudah melakukan tindak pidana, sesuai aturan KUHP dan undang-undang yang berlaku.

“Terkait warga binaan yang sudah divonis bukanlah ranah Polri,” tuturnya.

Agus menyatakan kalau pun ada komentar yang dimuat, itu tidak untuk dipublikasikan. Karena dirinya dan jabatan Kabaharkam melekat sesuai telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Kabaharkam juga menjelaskan mengenai pemeliharaan keamanan masyarakat, pasca kebijakan asimilasi Napi dan menjaga psikologi sosial di masyarakat.

“Sudah tugas polisi untuk menjaga Kamtibmas di masyarakat bekerja sama dengan semua pihak,” ungkap Agus.

“Saya bilang tidak kapasitas saya komentar mengenai itu. Saya ditanya pendapat pribadi, ya saya sampaikan. Tapi saya minta untuk tidak dipublikasikan (of the record),” jelas Agus menanggapi komentarnya yang dimuat di salah satu media online di Jakarta.(dan)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: