PLN Tepis Kesulitan Developer Pasang Jaringan Listrik


SOLO – Pengembang mengaku kesulitan mendapatkan aliran listrik bagi perumahan yang sudah atau hendak dibangun. Namun kini, PT PLN (Persero) menjawab keluhan itu dengan menjamin seluruh energi listrik bagi perumahan di Kota Solo dan sekitarnya. Berapa pun kebutuhannya. 

Termasuk pengadaan material berupa pembangunan jaringan listrik menuju lokasi perumahan. Serta pengadaan trafo gratis khusus rumah subsidi. Seperti tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) antara Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Solo dengan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo dan Surakarta.

“Ide awal kerja sama ini berangkat dari keluhan pengembang yang komplain sulit mendapatkan aliran listrik. Padahal sudah membangun perumahan. Keluhan itu tidak benar. Menjawab keluhan itu, kami MoU dengan para pengembang,” beber Kepala PLN UP3 Surakarta Ari Prasetyo Nugroho kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (19/3).

Dukungan PLN tak sekadar penyediaan energi listrik. Tapi juga pembangunan jaringan serta penyediaan trafo. Pemasangan listrik di atas 200 kilovolt ampere (KVA), trafo harus dibeli terpisah. Kecuali di bawah 200 KVA, seperti rumah bersubsidi, trafo digratiskan PLN.

“Belakangan ini PLN gencar memburu pelanggan baru agar konsumsi listrik meningkat. Demikian juga dengan pendapatan. Selain layanan biasa, PLN juga punya program premium,” ungkapnya. Ari menambahkan, sudah banyak lembaga, kantor, maupun perusahaan yang memanfaatkan layanan premium tersebut.

Plt Ketua REI Komisariat Solo Maharani berharap kerja sama ini memberi semangat developer membangun perumahan. Tahun ini, ada ribuan perumahan dibangun di Kota Bengawan dan sekitarnya. Baik nonsubsidi maupun subsudi.

“Ketersediaan aliran listrik di perumahan, mempercepat akad kredit. Sekaligus mempercepat bergulirnya dana untuk kebutuhan bisnis,” bebernya.

Mantan Ketua REI Komisariat Solo Anthony Abadi Hendro menyebut dukungan PLN secara langsung mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Di mana ada perumahan baru, ekonomi kawasan sekitar ikut tumbuh. “Sektor perumahan punya dampak luas. Menggerakan hampir semua sendi ekonomi,” tandasnya. (aya/fer)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: