Tipe-Tipe Pintu yang Digunakan untuk Desain Rumah Minimalis : Okezone Economy

https: img.okezone.com content 2020 03 14 470 2183306 tipe-tipe-pintu-yang-digunakan-untuk-desain-rumah-minimalis-h80F9bPgQu.jpg


JAKARTA – Pintu merupakan salah satu komponen penting dalam mendesain sebuah rumah. Namun ternyata ada banyak tipe pintu yang bisa digunakan agar rumah terlihat lebih menarik.

Mengutip dari buku ‘ ‘Teralis Kreatif untuk Rumah Minimalis’ karya Nurul Wulan Sari, berdasarkan cara kerjanya, pintu dikelompokkan menjadi pintu swing (berengsel), pintu geser, pintu lipat, dan pintu putar (revolving door).. Semenraea tipe pintu berdasarkan jumlah daun pintu dibagi menjadi single door dan double door.

Single door atau satu daun pintu, biasanya digunakan pada hunian ataupun tingkat privasinya lebih tinggi dan tidak terlalu sering dilalui banyak orang. Double door (dua daun pintu) pada hunian serinf dijadikan sebagai pintu utama dan menciptakan suasa welcoming.

Ada beberapa tipe pintu yang tidak dapat diaplikasikan teralis sebagai berikut:

– Pintu swing

Pintu swing ada yang berdaun pintu utuh dan tidak utuh menyerupai pintu koboi. Pintu ini tidak tepat diaplikasikan teralis karena sifat pegas dan engsel pintu menyebabkan konstruksi teralis dan pintu menjadi tidak kuat karena banyak efek gerakan pegas dari sisi samping pintu. Hal ini membuat apikasi teralis menjadi cepat rusak.

– Pintu berpanel full kayu

Jenis pintu ini tidak diperlukan teralis karena kayu sudah berfungsi sebagai penahan visual dan pengamanan. Namun, untuk meningkatkan pengamanan, pintu dapat ditambahkan teralis yang juga sebagai dekorasi.

– Pintu dengan kombinasi kaca berukuran kecil

Pengaplikasian teralis untuk keamanan menjadi tidak efektif, tetapi boleh saja diaplikasikan untuk keperluan estektika.

– Pintu dengan kombinasi kaca frosted/tekstur

Pintu jenis ini biasanya memang disesain untuk menampilkan dekorasi pada bidang kacanya. Agara dekorasi pada kaca tidak terganggu maka desain teralis dapat disesuaikan sehingga dibasilkan paduan dekorasi yang unik.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: