Profil Stadion Piala Eropa 2020: Wajah Baru San Mames

Nurfahmi Budi


Jakarta – Tak seperti mayoritas negara lain yang mengandalkan stadion di ibu kota masing-masing, Spanyol justru diwakili Bilbao di Piala Eropa 2020.

Pada Piala Eropa 2020 musim panas mendatang, Estadio San Mames, yang merupakan kandang Athletic Bilbao rencananya bakal menjadi venue beberapa laga di Grup E yang diisi Spanyol dan babak 16 besar.

San Mames merupakan venue baru sejak 2013. Bangunan ini menggantikan wujud lama stadion yang berdiri sejak 1913 silam. Stadion baru ini pun terkadang disebut San Mames Barria.

San Mames lama merupakan stadion tertua di Spanyol. Stadion berkapasitas 40 ribu penonton ini dinamakan demikian karena dibangun di dekat sebuah gereja bernama San Mames.

Setelah menjadi saksi kejayaan Bilbao dalam beberapa periode berbeda, San Mames akhirnya dihancurkan pada Juni 2013 untuk digantikan dengan stadion baru yang dibangun tepat di sebelahnya.

Wacana untuk menggantikan stadion lama dengan yang baru mulai mengemuka sejak 2004 dan akhirya disetujui pada 2006. Stadion baru mulai dibangun sejak 2010 di atas lahan yang sebelumnya menjadi tempat Pameran Internasional Bilbao.

Stadion baru ini memiliki kapasitas 53 ribu tempat duduk dan dibuka dengan pertandingan antara Athletic Bilbao versus Celta Vigo yang berkesudahan dengan skor 3-2 pada 16 September 2013 silam.

Kala itu stadion baru masih baru rampung sepertiga. Satu sisi masih dibiarkan guna membuat Athletic Bilbao masih bisa bermain di stadion yang lama. Pembangunan pun dilanjutkan dan benar-benar 100 persen rampung sebelum musim 2014-15.

Stadion San Mames Barria ini dibangun dengan menghabiskan dana sebesar 211 juta euro. Beberapa pihak menyumbang dana untuk pembangunan stadion ini, di antaranya pemerintah Basque, pemerintah kota Bilbao, pemerintah provinsi Biscay, Athletic Bilbao, dan Kutxabank.

Stadion baru nan modern ini dilengkapi dengan fitur pencahayaan futuristik pada bagian eksterior. Tak hanya itu, sebuah layar raksasa berukuran 15,5 meter x 9,8 meter juga dipasang di bagian luar stadion.

Sejak 2017, pihak klub membuka museum baru di stadion ini. Selain itu, di tahun yang sama Athletic juga memutuskan untuk memperpanjang atap stadion, merespons kritik para suporter yang merasa tetap basah kuyup jika terjadi hujan.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan