30 Kata Mutiara PSHT Beserta Artinya Tentang Kehidupan


Berikut beberapa kata mutiara PSHT tentang kehidupan:

1. Urip Iku Urup, yang secara harfiah artinya “hidup itu menghidupi”. Maksudnya dalam hidup harus bisa menjadi manfaat bagi orang lain.

2. Sak Apik-apike Wong Yen Aweh Pitulung Kanthi Cara Dedhemitan, yang berarti “sebaik-baiknya orang adalah memberi pertolongan dengan tanpa ingin diketahui orang lain”.

3. Suro Diro Joyo Diningrat Lebur Dening Pangastuti, yang berarti “segala kesempurnaan hidup dapat diluluhkan dengan budi pekerti luhur”.

4. Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli, yang berarti “bekerja dengan giat tanpa pamrih, cepat tanpa mendahului dan tinggi tanpa menandingi”.

5. Jer Basuki Mawa Beya, yang artinya “segala kesuksesan membutuhkan pengorbanan”.

6. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara yang secara harfiah berarti “memperindah keindahan dunia serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak pada diri”.

7. Sepiro duwurmu ngudi kawruh, sepiro jeromu ngangsu ngilmu, sepiro akehe guru ngajimu tembe mburine mung arep ketemu marang sejatine awake dewe, yang berarti “seberapa tinggimu mencari pengetahuan, seberapa dalammu menuntut ilmu, seberapa banyak guru yang mengajarmu, tetap bergantung pada dirimu sendiri”.

8. Kridhaning ati ora bisa mbedhah kuthaning pesthi, yang berarti “gejolak jiwa (seharusnya) tidak mengubah kepastian”.

9. Tega Larane, Ora Tego Patine, yang secara harfiah berarti “Tega melihat sakitnya, tidak tega melihat matinya”. Yang mana maksudnya adalah warga PSHT berani menyakiti seseorang dalam rangka memperbaiki bukan merusak (membunuh).

10. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha, yang berarti “mendatangi tanpa kawan, menang tanpa mengalahkan, sakti tanpa kesaktian dan kaya tanpa kekayaan”.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: