Perumahan Baru jadi Lokasi Rawan Kejahatan, Warga Diminta Waspada


Perumahan baru saat ini menjadi lokasi yang rawan kejahatan. 

Pasalnya, di perumahan baru seringkali sistem pengamanannya belum berjalan maksimal.

Sehingga dengan kelemahan tersebut banyak dimanfaatkan pelaku kejahatan menyasar kawasan perumahan baru.

Seperti halnya yang terjadi di Perumahan D’Rich Garden, Buring, Kedungkandang, Kota Malang.

1Pada 20 Januari 2020 lalu, pelaku pencurian kendaraan bermotor menyasar perumahan tersebut.

Sepeda motor milik salah seorang warga perumahan, bernama Benni, raib digasak pelaku curanmor saat diparkirkan di depan rumah perumahan tersebut banyak yang belum berpagar.

Saat itu, korban mengetahui jika motornya hilang pada pagi hari, usai bangun tidur. 

Ia begitu kaget melihat motor Honda Beat miliknya bernopol N 6169 AAQ sudah tak terparkir ditempatnya.

“Jam 01.00 WIB saya masih di luar, karena dingin kemudian saya masuk tidur ke dalam rumah. Dugaan ya subuh hilangnya. Soalnya katanya keamanan yang keliling jam 03.00 wib masih ada,” bebernya.

Karena kejadian tersebut, lantas warga kemudian melakukan pemasangan portal di pintu-pintu masuk perumahan, termasuk memblokade jalan-jalan tembus dikawasan perumahan.

Sementara itu, informasi dari warga sekitar, jika kejadian kehilangan sudah sekitar empat kali terjadi dikawasan perumahan. 

Selain sepeda, dilingkungan perumahan juga seringkali kehilangan benda-benda yang diletakkan di depan rumah seperti selang hingga kran PDAM dan juga kejadian rumah yang diketuk oleh orang tak dikenal.

Melihat hal itu, Polresta Malang Kota, melalui Kasubag Humas Polres Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, kembali mengimbau masyarakat untuk tidak meremehkan situasi sekitar. 

Meskipun situasi aman, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada.

Dilanjutkannya, melihat kondisi perumahan yang masih baru, dimana sistem keamanan masih belum maksimal, termasuk keamanan di setiap rumah, lahi-lagi kewaspadaan sangat diperlukan.

Terlebih lagi, perumahan yang masih terus berlangsung pembangunan, tentaunya akan banyak orang yang kelaur masuk kawasan perumahan dan itu tentunya juga patut diwaspadai.

“Polresta Malang Kota selalu menginstruksikan kepada jajarannya untuk selalu melakuakn patroli rutin di lokasi-lokasi rawan. Termasuk juga memerintahkan jajaran anggota Bhabinkamtibmas untuk sering turun ke masyarakat menjaring informasi mengenai Kamtibmas,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk upaya menjaga kemanan sekitarnya, masyarakat harus ikut berperan serta dalam upaya tersebut. 

Jika mengetahui informasi-informasi mencurigakan, masyarakat diimbau segera memberitahukannya kepada petugas agar bisa segera diatasi.

“Jika memang ada jadwal ronda akan lebih bagus lagi dalam meminimalisir tindakan kejahatan di kawasan perumahan, selain dengan upaya patroli rutin yang dilakukan petugas,” pungkasnya.



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: