Desain Rumah Murah yang Dicetak 3D

Desain Rumah Murah yang Dicetak 3D


Tabasco: ?Perusahaan startup konstruksi Icon merampungkan desain hunian dengan cetakan 3D. Teknologi tersebut sangat efektif, baik dari segi biaya, waktu dan desain yang sangat menarik.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, biaya pembangunan satu unit rumah yang dicetak 3D hanya USD4 ribu atau sekitar Rp56 juta (kurs 14.006). Sangat murah jika dibandingkan dengan hunian sekelasnya.
 
Waktu pembangunannya juga sangat cepat dibandingkan dengan rumah konvensional. Untuk pembangunan satu unit rumah bisa diselesaikan dalam 24 jam.

Foto: Joshua Perez/New Story






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kecepatan pembangunan tersebut tak lepas dari penggunaan mesin khusus. Mesin tersebut berfungsi menyusun semen yang masih basah hingga membentuk dinding.
 
Selain itu, bangunan tersebut tidak menggunakan bata. Hanya memanfaatkan beberapa jaring kawat dan semen yang dicetak menyilang. Sehingga membentuk jaringan untuk memperkuat dinding.
Desain Rumah Murah yang Dicetak 3D
Foto: Joshua Perez/New Story
 
Meski biaya pembangunan murah dan cepat, kualitas rumah ini tak kalah indah dan nyaman. Luas satu unit rumah mencapai 152,4 meter persegi.
 
Setiap rumah memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan teras yang bisa dimanfaatkan untuk duduk santai.
Desain Rumah Murah yang Dicetak 3D
Foto: Joshua Perez/New Story
 
Pembangunan rumah dengan teknik cetak 3D diaplikasikan di Tabasco, Meksiko. Bekerja sama dengan organisasi perumahan sosial Meksiko Échale, rumah ini dibangun untuk keluarga berpenghasilan rendah.
 
Untuk menentukan penerima rumah, pengelola bekerja sama dengan pemerintah untuk mensurvei keluarga yang layak menerima unit rumah tersebut. Mereka akan memilih 50 keluarga beruntung.
Desain Rumah Murah yang Dicetak 3D
Foto: Joshua Perez/New Story
Nantinya, keluarga terpilih menerima unit rumah dengan hipotek tanpa bunga dan tenor tujuh tahun. Beban angsuran yang dibayarkan kepada penerima hanya USD21 per bulan atau sekitar Rp294 ribu (kurs 14.006).
 
Sisa pembayaran akan dilunasi oleh New Story, perusahaan nirlaba yang ikut dalam pembangunan rumah tersebut.

 
(KIE)





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: