Bupati Tolak Izin Pembangunan Perumahan Baru di Purwakarta

Bupati Tolak Izin Pembangunan Perumahan Baru di Purwakarta


PURWAKARTA, (PR).- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menolak pengajuan izin untuk 22 proyek perumahan. Ia beralasan, revisi Rencana Detail Tata Ruang yang diajukan sejak 2017 belum juga dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat.

Karena itu, Anne mulai memperketat regulasinya sejak akhir 2018. “Saya mengintruksikan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu untuk menghentikan mengeluarkan rekomendasi perizinan tersebut,” katanya, Kamis, 1 Agustus 2019.

Pemerintah daerahnya sampai saat ini tidak memiliki payung hukum untuk menjalankan peraturan daerah yang mengatur tata ruang. Meskipun berlaku hingga 2031, Perda tersebut tetap dikaji ulang setiap lima tahun sekali oleh pemerintah provinsi.

Selain itu, Anne juga akan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum membuka kembali perizinan mendirikan perumahan. “Jangan sampai ada pembangunan perumahan tapi masyarakat Purwakarta tidak menikmati,” ujarnya.

Perumahan yang dibangun diharapkan memenuhi kebutuhan masyarakat lokal terlebih dahulu. Jika diisi oleh para pendatang, Anne mengkhawatirkan akan terjadi permasalahan di tengah masyarakat akibat kecemburuan sosial.

loading…



Untuk itu, Anne mengaku tengah mengumpulkan sampel kebutuhan perumahan di sejumlah kecamatan, khususnya yang termasuk zona industri. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Pemukiman Purwakarta.

Hal itu disampaikan pula dalam pertemuannya dengan sejumlah pimpinan Organisasi dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Peduli Purwakarta. Salah satu kritik yang disampaikan berkaitan dengan perizinan untuk perumahan.

Sekretaris KPP Hikmat Ibnu Ariel mempertanyakan komitmen Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam mengatur pembangunan perumahan di lahan produktif. “Soal komitmen pengembang perumahan mestinya dipertegas,” kata Ariel.

Menurutnya, masih banyak di antara pengelolaan perumahan yang belum menaati peraturan. Seperti, mengalih fungsi persawahan hingga menyediakan fasilitas umum dan sosial yang dibutuhkan masyarakat sekitarnya.





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: