Mau Kuliah di Jogja? Nih Estimasi Biaya Hidupnya Supaya Nggak Kaget


AKURAT.CO, Jogja merupakan kota pelajar. Jumlah Mahasiswa Jogja tahun 2018 tercatat kurang lebih 350.000 orang yang berasal dari dari 106 perguruan tinggi yang terbagi atas 19 universitas, 41 akademi, 34 sekolah tingi, 5 institut dan 7 politeknik.

Dengan banyaknya jumlah perguruan tinggi di Jogja serta lingkungan yang mendukung untuk belajar, tidak heran setiap tahunnya semakin banyak lulusan Sekolah Menengah Atas yang merantau ke Jogja untuk berkuliah.

Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Jogja, sebaiknya kamu mengetahui estimasi biaya hidup sebagai mahasiswa Jogja.

baca juga:

Berikut 5 daftar estimasi biaya hidup di Jogja menurut yang telah dihimpun AKURAT.CO dari beberapa sumber.

1. Tempat Tinggal

Instagram/@RUMAHDIJUAL

Kos merupakan kebutuhan utama mahasiswa. Selain sebagai tempat tinggal, kos juga merupakan lingkungan yang bisa memberikan dampak kepada mahasiswa.

Kos reguler berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp1 juta per bulan. Biasanya kos reguler ini hanya menyediakan kamar kosongan. Beberapa di antaranya menyediakan kamar mandi dalam dan sudah termasuk biaya listrik.

Kos ekslusif berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta per bulan. Fasilitas yang ditawarkan kos ekslusif biasanya sudah termasuk furnitur, AC, dan fasilitas tambahan lainnya bahkan kolam renang.

Apartemen berkisar antara Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan. Untuk yang tidak ingin tinggal di kos sederhana bisa menggunakan alternatif apartemen tetapi harus siap dengan harga yang cukup tinggi.

Kontrakan berkisar antara Rp10 juta hingga Rp25 juta per tahun. Kamu bisa lebih hemat jika mengontrak rumah bareng teman-teman, tapi jangan lupa biaya perawatan juga harus diperhitungkan seperti air, listrik, uang kebersihan, dll.

2. Makan

Instagram/@TRAVELINGYUK

Jogja terkenal dengan makanan murahnya, ada angkringan, nasi padang, dan warmindo yang menjadi andalan mahasiswa Jogja. Sekali makan rata-rata Rp10 ribu. Jika kamu makan 3 kali sehari maka membutuhkan Rp30 ribu sehari atau Rp900 ribu per bulan.

Pengeluaran makan bisa kamu hemat dengan berbagai cara seperti memasak sendiri atau makan dua kali sehari. Selain itu banyak jasa katering mahasiswa dengan kisaran harga Rp150 ribuan per minggu atau Rp600 ribu per bulan untuk 2 kali makan per hari.

3. Transportasi

AKURAT.CO

Ada beberapa jenis transportasi yang bisa kamu gunakan untuk ke kampus. Seperti jalan kaki, bersepeda, ojek online, TransJogja, atau kendaraan pribadi lain.

Jika kamu berjalan kaki atau pun menggunakan sepeda tentu biaya transportasi tidak perlu kamu pusingkan. Sementara untuk menggunakan ojek online dengan tarif minimal Rp8 ribu sekali jalan, artinya kamu butuh Rp16 ribu per hari atau Rp380 ribu per bulan.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, rata-rata konsumsi bensin berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp40 ribu per minggu atau Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per bulan atau tergantung jarak tempat tinggal ke kampus.

4. Kebutuhan perkuliahan

Instagram/@ KLIKANDLINK

Sebagai mahasiswa kamu juga perlu untuk menyiapkan budget terkait kebutuhan kuliah, minimal untuk sekadar print tugas atau membeli buku atau kebutuhan kuliah lainnya. Kamu perlu menyiapkan Rp100 hingga Rp200 ribu per bulan.

5. Hiburan

Instagram/@haristoyon

Kehidupan mahasiswa tidak sekadar kuliah. Kamu juga perlu untuk menghibur diri. Ada beberapa alternatif kegiatan seperti menonton bioskop, nongkrong, atau pergi ke tempat wisata. Untuk pergi ke tempat wisata, nongkrong di kafe, atau nonton biskop kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp50 ribu sekali keluar. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. []

Penulis: Egi Andrea Pratama (mahasiswa magang Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: