Broker Properti Wajib Kantongi Izin


JawaPos.com- Kementerian Perdagangan getol menyosialisasikan Permendag 51/M-DAG/PWE/7/2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kemendag, I Gusti Ketut Astawa, menuturkan dalam kegiatan sosialisasi tersebut ada regulasi yang harus ditaati para broker properti.

”Arebi (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) kumpulkan broker yang belum memiliki izin, setelah mengikuti sosialisasi ini harus melakukan penyesuaian-penyesuaian,” katanya di Surabaya, Jumat (29/3).

Dalam regulasi itu menyatakan kantor perusahaan perantara perdagangan properti wajib memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Yakni surat izin untuk melaksanakan kegiatan perantaraan perdagangan properti.

Broker Properti Wajib Kantongi Izin
Kementerian Perdagangan menyosialisasikan Permendag 51/M-DAG/PWE/7/2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. (RESTU/JAWA POS)

”Pola pembinaan kami utamakan. Kami minta enam bulan ke depan, mereka lakukan penyesuaian,” tandasnya. Sebab membutuhkan proses mulai dari pendidikan hingga penyiapan tenaga yang diikutkan kompetensi. Tiap kantor cabang perusahaan perantara perdagangan memiliki minimal satu orang tenaga ahli yang mengantongi Sertifikat Kompetensi Perantara Perdagangan Properti.

Setelah enam bulan akan dilakukan evaluasi sejauh mana penerapannya. Dikatakan, 2019 ini merupakan batas akhir, artinya kalau pada 2020 masih ada perusahaan yang tidak menaati peraturan tersebut maka akan dilakukan tindakan atau sanksi. ”Minimal ada langkah, jangan tidak melangkah,” jelasnya.

Sementara hingga sekarang di mana masih banyak perusahaan perantara perdagangan properti yang belum menjalankan aturan itu, salah satunya karena minimnya pemahaman. ”Kemungkinan mereka belum tahu, belum menganggap masuk anggota Arebi sesuatu yang penting,” paparnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Restu Destiamardianti





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: