Ini daftar peluang usaha di bidang properti


Elshinta.com – Bisnis properti merupakan bisnis yang telah dikenal sebagai bisnis yang mampu mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang besar. Karena menyangkut kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal, bisnis properti akan selalu dibutuhkan sepanjang waktu. 

Bisnis di bidang properti bisa dilakukan oleh semua kalangan bila tahu ceruk bisnis apa saja yang bisa dimasuki. Beberapa diantaranya tidak harus mengelurkan modal yang besar atau bahkan tidak mengeluarkan modal sama sekali. 

Berikut ini, daftar peluang usaha bidang properti yang bisa Anda coba. 

Broker properti

Bidang profesi terkait properti yang paling banyak dibutuhkan adalah broker atau agen properti. Bagi para pengembang perumahan, agen properti merupakan garda terdepan dari bisnis mereka karena para broker lah yang bekerja keras mendapatkan konsumen. 

Untuk menjadi broker properti, langkah pertama yang dilakukan adalah mencoba untuk menghubungi agensi atau pengembang perumahan. Mereka biasanya membutuhkan orang-orang untuk menjual produk propertinya. Kemudian, mencoba untuk membuat penawaran produk properti kepada masyarakat baik secara online atau offline. 

Broker properti juga memiliki lembaga perkumpulannya yaitu Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI). Melalui lembaga ini, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan lisensi broker properti melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). 

Agensi Properti

Banyak pebisnis properti yang sukses menjadi developer dimulai dari seorang broker properti. Setelah cukup suskes, mereka kemudian mengembangkan aktivitas pemasaran propertinya menjadi lebih besar dengan mendirikan agensi properti. 

Dengan mendirikan agensi properti, maka potensi penjualan pun menjadi semakin tinggi karena mereka menggandeng lebih banyak developer. Konsumen yang membutuhkan rumah pun akan mencari agensi properti untuk mendapatkan lebih banyak pilihan mengenai rumah idaman mereka. 

Sama hal nya dengan broker properti, kemampuan utama yang dibutuhkan untuk mejalani bisnis ini adalah kemampuan di bidang pemasaran.  

Pengembang

Harus diakui, bisnis menjadi pengembang atau developer perumahan merupakan bisnis yang sangat kompleks. Ada banyak hal yang terlibatkan dan tak bisa dihindari salah satunya. Kemampuan utama yang diperlukan dalam bisnis ini adalah manajemen yaitu kemampuan untuk mengorganisasikan, menjalankan, dan mengawasi proyek yang dijalankan. 

Secara teknis, kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi developer yaitu pengetahuan tentang menjalankan proyek konstruksi, mencari dan menganalisa lahan yang potensial, mengurus segala hal yang berhubungan dengan legal, dan kemampuan untuk memasarkan produk properti dengan baik dan yang pasti, kemampuan untuk mendapatkan investor.  

Baca juga: Bisnis properti yang tak akan pernah mati

Investor

Untuk Anda yang memiliki dana simpanan besar, tak ada salahnya bila melirik properti sebagai salah satu investasi Anda. Investasi di bidang properti dinilai menguntungkan karena harganya yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Setidaknya ada tiga model investasi yang umumnya dilakukan oleh investor. 

Pertama, mereka membeli rumah atau unit apartemen tertentu untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Kedua, mereka yang memilih untuk menginvestasikannya kepada para pengembang profesional yang mereka percaya untuk mendanai proyek-proyek perumahan. Ketiga, mereka yang membeli tanah-tanah potensial untuk dijual kembali di masa yang akan datang. 

Konsultan Properti

Konsultan properti adalah bidang profesi di bidang properti yang bertugas memberikan saran atau masukan terkait analisanya di bidang properti kepada konsumen atau pemilik properti baik individu maupun perusahaan. 

Sektor dan jasa yang ditawarkan oleh konsultan properti seperti studi pra pembangunan proyek atau feasibility study (mencakup lokasi, transportasi dan zonasi), analisa pasar, negosiasi dan finalisasi dengan pihak-pihak lain, analisa peluang investasi dan sebagainya. 

Jadi, peluang usaha apa yang Anda akan coba di bisnis properti?

***

Anda bisa membaca informasi lengkap seputar bisnis properti pada eMajels edisi November 2018. Klik di sini untuk membaca atau kunjungi elshinta.com/majalah-elshinta untuk edisi lainya.

 

 





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: