Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar


loading…

Setiap peradaban memiliki sejarahnya sendiri. Dan biasannya banyak peristiwa berpengaruh terjadi di wilayah atau kota-kota besar. Namun banyak juga peristiwa bersejarah dunia yang terlahir di kota-kota kecil namun memiliki dampak dan pengaruh luar biasa. Berikut kota-kota ‘mini’ dengan pengaruh besar.

01. Korintus, Yunani

Populasi : 60.000
Peristiwa besar : Cikal bakal lahirnya Olimpiade modern

Kota Korintus terletak di salah satu pelabuhan kuno paling kuat dan merupakan negara kota Yunani pertama yang menjajah Italia (Syracuse) dan melahirkan kota lain (Corfu). Pada 730 SM Korintus telah muncul sebagai negara-kota Yunani sangat maju (mungkin paling kuat pada saat itu), jauh sebelum kota-kota Yunani kuno berkembang, seperti Athena, Sparta dan Makedonia Kuno. Korintus adalah tanah air bagi salah satu Tujuh Orang Bijak dari Yunani. Peristiwa atletik zaman kuno (setelah Olimpiade), permainan Isthmian dan Nemean juga terjadi di Korintus. Kontribusi Korintius dalam arsitektur dunia juga sangat besar.

02. Waterloo, Belgia

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 29.664
Peristiwa besar :Kekalahan Napoleon Bonaparte

Waterloo adalah kota kecil yang tidak menarik banyak wisatawan, namun ini adalah salah satu kota paling terkenal dalam sejarah perang di dunia. Pertempuran Waterloo adalah salah satu pertempuran paling terkenal dalam sejarah militer, dan itu terjadi pada 18 Juni 1815. Ini menandai kekalahan terakhir Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte yang menaklukkan sebagian besar Eropa pada tahun-tahun awal abad ke-19. Waterloo juga merupakan judul album studio kedua oleh grup pop Swedia legendaris ABBA.

03. Pisa, Italia

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 85.517
Peristiwa besar : Berdirinya Menara Pisa, salah satu keajaiban arsitektur dunia

Pisa adalah kota kecil yang sangat bersejarah dan penting di Italia. The University of Pisa adalah salah satu universitas tertua di Eropa yang dibuka pada 1343. Daya tarik terbesar kota kecil ini adalah adanya Menara Pisa, yang dibangun seluruhnya dari marmer selama periode 1172 hingga 1350. Terdiri dari 6 lantai dan tinggi 56 meter, banyak ilmuwan dan arsitek dari seluruh dunia mengunjungi Menara Pisa hanya untuk mempelajari dan mengagumi “keajaiban” arsitektur tertentu. Cathedral Square (Piazza del Duomo) juga merupakan bangunan wisata dan sejarah utama lain di kota ini yang telah dijadikan situs Warisan Dunia UNESCO.

04. Olympia, Yunani

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 8.128
Peristiwa besar : Tradisi menyalakan api Olimpiade

Daerah kecil di Yunani ini memiliki sejarah dan pengaruh luar biasa sampai sekarang. Tradisi menyalakan api Olimpiade berasal dari Olimpiade Kuno yang berlangsung di kota kecil ini. Selama Olimpiade Kuno, api Olimpiade dinyalakan dari sinar matahari di Olympia, dan tetap menyala hingga Olimpiade selesai. Api Olimpiade kali pertama diperkenalkan di Olimpiade Amsterdam 1928. Sejak itu, nyala api Olimpiade telah melambangkan cahaya semangat, pengetahuan, dan kehidupan.

05. Dachau, Jerman

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 43.255
Peristiwa besar : Berdirinya kamp konsentrasi Nazi pertama

Kota Dachau menjadi terkenal di seluruh dunia dan menghubungkan namanya dengan salah satu kejahatan perang paling gelap dan paling mengerikan dalam sejarah modern. Kamp konsentrasi Dachau adalah kamp konsentrasi Nazi pertama di Jerman. Kamp konsentrasi Dachau berfungsi sampai runtuhnya Nazi Jerman pada 1945. Ribuan kejahatan brutal terhadap kemanusiaan dilakukan di tempat ini selama perang.

06. Yorktown, Amerika Serikat (AS)

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 65.464
Peristiwa besar : Pengakuan kemerdekaan AS

Yorktown atau disebut York County berada di negara bagian Virginia. Dalam sejarahnya, di tempat ini terjadi pertempuran paling menentukan dan sulit (juga dikenal sebagai Pengepungan Yorktown) dari Perang Kemerdekaan Amerika. Perang di Yorktown mengakhiri perang dan menjadi pengakuan kemerdekaan AS dari Inggris. Konsekuensi dari pertempuran ini adalah jatuhnya Pemerintah Inggris dan diakuinya kemerdekaan AS. Salah satu saksi sejarah yang bisa disaksikan di Yorktown adalah keberadaan “Tugu Kemenangan” yang dibangun pada 1884.

07. Arles, Prancis

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 53.000
Peristiwa besar : Tempat lahirnya lukisan legendaris Van Gogh

Selama abad pertama SM, Kaisar Julius memberikan tanah yang diambil dari orang-orang Yunani dan suku-suku setempat, ke Legion Romawi yang menang. Akhirnya menjadi semacam ibu kota kedua dari Kekaisaran Romawi, yang dikenal sebagai “The Little Rome of Gaul.” Selama abad ke-19, salah satu pelukis terbesar Van Gogh memutuskan tinggal dan bekerja di sekitar Kota Arles. Pada tahun 1888, Van Gogh memotong telinganya sebuah kejadian bersejarah yang cukup terkenal bagi perjalanan karier melukis Van Gogh. Selain Van Gogh, beberapa lukisan pelukis besar seperti “Starry Night over the Rhone” juga menjadikan Arles sebagai obyek lukisan dan dikenal sebagai “Lukisan Arles”.

08. Sighisoara, Rumania

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 27.000
Peristiwa besar : Tempat kelahiran Dracula

Dibanding kota-kota kecil lain yang berpengaruh, Sighisora mungkin tidak terlalu dikenal. Namun jika membicarakan Rumania khususnya tentang Transylvania atau Pegunungan Carpathian maka asosiasi kita akan mengarah pada kebaradaan sejarah Dracula. Mitos Dracula ini juga yang mengilhami Bram Stoker untuk menulis salah satu buku terlaris dalam sejarah fiksi horor berlatang belakang Dracula. Transylvania, yang oleh banyak orang sering disalahartikan sebagai kota kelahiran Dracula, adalah wilayah di mana kota Sighi?oara berada. Hari ini, bangunan tempat kelahiran Dracula ini digunakan sebagai restoran bertema museum.

09. Maastricht, Belanda

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 121.831
Peristiwa besar : Ditandatanginya Perjanjian Maastricht cikal bakal lahirnya Uni Eropa

Maastricht adalah ibu kota Provinsi Limburg. Kota ini mulai mendapatkan perhatian global saat dilakukan penandatanganan “Perjanjian Maastricht” pada awal 1990-an, yang secara resmi dikenal sebagai “Perjanjian Uni Eropa. Perjanjian Maastricht dianggap sebagai perjanjian paling penting dalam sejarah Eropa modern. Secara historis, tidak ada perjanjian serupa dengan konten ekonomi, politik, sosial dan budaya luas, yang melibatkan begitu banyak negara selain Perjanjian Maastricht. Perjanjian Maastricht ditandatangani pada 7 Februari 1992.

10. Bethel, AS

Olympia hingga Pisa, Kota-Kota Kecil dengan Pengaruh Besar

Populasi : 4.255
Peristiwa besar : Digelarnya Festival Woodstock, festival musik rock terbesar di dunia

Kota Betel mulai menjadi sorotan dunia pada 1969 ketika digelarnya pergelaran musik rock kolosan terbesar di dunia yang dikenal sebagai Festival Woodstock. Hampir 500.000 orang (hampir 100 kali lebih banyak dari populasi kota) berkumpul di Max Yasgur’s Farm untuk “Tiga Hari Damai dan Musik di Festival Woodstock. Festival musik rock ini dimulai pada 15 dan berakhir pada 18 Agustus 1969. Akhir dari festival menciptakan kemacetan terbesar dalam sejarah AS. Festival Woodstock tetap berlangsung hingga hari ini, sebuah festival musik paling kuat dan berpengaruh yang pernah ada.

Sumber: list25.com,listverse

(don)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: