Pulau Betuah Dijual Senilai Rp 10 Miliar


jpnn.com, BANDARLAMPUNG – Warga Lampung kembali digegerkan kabar penjualan sebuah pulau di Provinsi Lampung. Kali ini Pulau Betuah yang dijual di olx.co.id, rumahdijual.com, rumah.com, dan kaskus.co.id seharga Rp10 miliar.

Kini giliran Pulau Betuah, Pesisir Barat, yang terunggah ke situs olx.co.id juga hendak dijual. Dalam situs tersebut, pengunggah iklan atas nama Sadir menawarkan pulau dengan luas 100 hektare (ha) itu seharga Rp4 miliar. Sadir yang ternyata merupakan perantara menyebutkan bahwa sang owner telah mengantongi sertifikat hak milik (SHM).

Pulau Betuah sendiri masuk dalam wilayah Kecamatan Bengkunat Belimbing, Pesisir Barat. Pulau tersebut masuk dalam daftar 111 pulau kecil terluar Indonesia. Penetapan itu sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Banyak daya pikat yang dimiliki pulau tersebut. Antara lain bentangan pantai pasir putih yang luas dan adanya sumur sumber air tawar di tengah pulau. Selain itu, pulau ini tidak hanya cocok untuk wisata laut biasa, tetapi juga bisa digunakan untuk wisata diving serta surfing karena memiliki ombak yang cukup tinggi.

Menariknya lagi, pada 2007, saat masih masuk wilayah Lampung Barat, pemerintah saat itu telah mendeklarasikan Pulau Betuah sebagai kawasan konservasi. Itu lantaran di sepanjang garis pantai dan perairan tersebut sering ditemukan berbagai jenis penyu langka. Antara lain penyu hijau (chelonian mydas), penyu belimbing, penyu sisik (eretmochelys imbricate), serta penyu ridel (lepidochelys olivacea).

Selama ini, pulau dengan panjang garis pantai 210 kilometer tersebut tidak dimanfaatkan sebagai daerah permukiman (hunian). Melainkan untuk kegiatan budi daya perkebunan kelapa. Pulau ini juga dijadikan area persinggahan nelayan tradisional. Sesekali, para nelayan singgah untuk bermalam di pulau itu.

Sebagai pulau terluar, pulau ini memiliki titik dasar (TD) dan titik referensi (TR) sebagai acuan titik batas wilayah NKRI dengan nomor TNI-AL 060691 DKB 992. Di pulau ini juga telah dibangun mercusuar.

Kemarin, Radar Lampung mencoba menghubungi nomor ponsel yang tertera dalam situs tempat Pulau Betuah dijual. Pria yang mengaku bernama Suryana Sadir membenarkan pihaknya menjual pulau tersebut. Dia lantas membimbing wartawan ini untuk menghubungi rekannya bernama Zamzam. Ya, Zamzam ternyata lebih banyak tahu informasi terkait penjualan pulau tersebut.





Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: