Mengintip Segudang Arsitektur Dunia yang Inspiratif : Okezone Economy

https: img.okezone.com content 2017 03 29 470 1653429 mengintip-segudang-arsitektur-dunia-yang-inspiratif-tmfzNJLLAl.jpg


JAKARTA – Seperti lukisan dan patung, bangunan juga merupakan karya seni indah. Di berbagai belahan dunia ini tersebar berbagai gedung maupun bangunan yang memiliki arsitektur menakjubkan.

Berikut bangunan-bangunan luar biasa menurut para arsitek terkemuka dunia.

1.Parthenon, Yunani

“Ini bentuk arsitektur yang indah dan klasik,” ujar Tara Imani seorang arsitek terkemuka asal Texas, AS. Penggunaan Pilar Ionic dan Doric serta entasis (kurva tipis yang melapisi pilar) bertujuan agar pilar-pilar tidak terlihat kecil jika dipandang dari kejauhan. Berdiri di puncak bukit, pola bangunan ini menjadi rujukan bagi para arsitek tentang bagaimana cara mendirikan bangunan di daerah pegunungan.

2.Gedung Kongres Nasional Brasil

“Pada tahun 1974, ayah saya seorang ilmuwan mengajak keluarga kami mengunjungi kota Brasilia. Hal ini membuka imajinasi kami akan dunia,” ujar Julia Donoho, pimpinan proyek di Equinox Design and Development, salah satu firma arsitektur ternama di San Fransisco, AS. Bangunan ini didesain menyerupai pesawat terbang, gaya arsitektur modern ala Corbusier dibangun berjejer seperti sayap burung.

3.Museum Seni Sao Paulo, Brasil

“Gaya arsitektur ini cukup berani,” ungkap Damaris Hollingsworth, proyek manajer di DLR Group, salah satu firma arsitektur di Los Angeles, AS. Dibangun pada 1968, bangunan ini terbuat dari beton dan kaca. Bangunan utamanya seperti digantung di antara dua balok raksasa.

4.The Enterprise Center, University of East Anglia, Norwich, Inggris

“Bangunan ini adalah perpaduan antara arsitektur yang bagus dan desain yang berkelanjutan. Bangunan berdiri di kampus yang pada zamannya mencoba untuk melintasi batas-batas pakem ilmu arsitektur,” ujar Adam Smith pendiri House Planning Help (HPH).

5.Istana Terlarang, Beijing, China

“Bangunan ini memiliki desain yang luar biasa dan berumur panjang, strukturnya kompleks namun berbentuk sederhana,” ujar Rosa Sheng, arsitek senior dari Firma Bohlin Cywinski Jackson. “Kakek saya menjelaskan, usia bangunan ini ditujukan untuk melebihi satu kali masa hidup seseorang. Ini ibarat kapsul waktu yang hidup seiring budaya dari setiap peradaban,” imbuhnya.

6.The Church of the Light, Osaka, Jepang

“Tadao Ando mampu menciptakan ruang yang indah dengan menghadirkan gaya monolitik, space yang luas dan bentuk sederhana. Terdapat lubang pada bangunan sehingga sinar cahaya yang masuk selalu berubah mengikuti putaran waktu,”ujar Frank Cunha III, CEO FC3 Architecture.

7.The Hubertus House di Amsterdam, Belanda

“Ini bangunan kontemporer yang berwarna, terbuat dari baja, kaca dan beton. Bangunan jejer berdampingan dengan bangunan lain. Tertata cukup rapi sehingga memberikan kesan saling menghormati,” ujar Randy Deutsch, Profesor di bidang arsitektur dari University of Illinois, AS.

8.Florida Polytechnic University, AS

“Ketika saya bekerja untuk Santiago Calatrava, saya adalah bagian dari tim yang membangun Florida Polytechnic University,” ujar Marica McKeel, pimpinan di MM Studio, perusahaan arsitektur berbasis di New York, AS. “Bukan hanya karena saya mencintai inovasi dan desain bangunannya, tetapi saya merasakan hubungan nyata kepada proyek ini, juga kepada masyarakat Lakeland, karena ayah saya tumbuh dan besar disini.”

9.Empire State Building, New York, AS

“Karena melihat bangunan ini, sejak usia enam tahun saya bercita-cita menjadi arsitek,” ujar William J. Martin, pendiri WJM Architect. “Orang tua kami selalu membawa kami jalan-jalan melewati pinggiran Kota New Jersey, agar bisa melihat bangunan ini dari kejauhan. Antena yang menjulang tinggi menambah nilai estetis bangunan,”tambahnya.

10.The Lloyd’s Building London, Inggris

“Ini adalah yang paling ekstrim dan rumit dari gaya bangunan berteknologi tinggi. Hampir semua strukturnya, tangga, lift dan mekanis pada eksterior,” kata Jeffrey Roberts, seorang arsitek di Sera Architects. “Bangunan mengambil penampilan dari mesin raksasa berbalik vertikal dan ditempatkan dalam penjajaran dengan bangunan bersejarah tetangga. Saya suka kejujuran arsitektur bangunan,”tambahnya.

Arsitek Dunia Dan Karyanya

1.Kenzo Tange (Jepang)

Karya: • 1955: Hiroshima Peace Memorial Museum, Hiroshima

• 1960: Kurashiki City Hall, Kurashiki, Okayama

• 1964: Yoyogi National Gymnasium for the 1964

2.Zaha Hadid (Irak)

Karya: • London Aquatic, London 2012 Olympic Games

• Riverside Museum, Glasgow (2011)

• Stasiun Kereta Api Kabel Nordpark (2008)

3.Ludwig Mies van der Rohe (Jerman)

Karya: • Villa Tugendhat Černá Pole di Brno (Brunn), Republik Ceko

pada 1928 – 1930

4.Le Corbusier (Swiss)

Karyanya :

1. Notre Dame du Haut. Ronchamp (1950 – 1954) Prancis

2. Centre Le Corbusier (1963 – 1967) Prancis, Zurich, Swiss

3. Houseat Weisesenhof (1927)Stuttgart, Jerman

5.Santiago Calatrava (Spanyol)

Karya:

1. Stasiun Kereta Api Stadelhofen, di Zurich, Swiss. 1983-1984

2. Alamillo Bridge dan La Cartuja Viaduct, di Seville, Spanyol. 1987-1992

3. Campo Volantin Footbridge, di Bilbao, Spanyol. 1990-1998

6. Frank Owen Gehry (Kanada)

Karya: • Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol

Bangunan Indonesia Berarsitektur Unik

1.Masjid Muhammad Cheng Ho, Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Ho terletak di Surabaya. Masjid ini memiliki bentuk unik karena kemiripannya dengan kuil China. Gaya arsitektur China memang mendominasi masjid ini. Pasalnya, bangunan ini memang terinspirasi dari masjid Niu Jie di Beijing.

2.Rumah Dome, Yogyakarta

Pada 2006 silam, gempa besar pernah menimpa Yogyakarta. Selain memakan ribuan korban jiwa, bencana ini juga menghancurkan ribuan rumah di daerah itu. Kejadian ini, membuat NGO Amerika Serikat berinisiatif membangun beberapa rumah tahan gempa di sana. Bangunan ini disebut rumah dome karena bentuknya menyerupai kubah.

3.Gunongan, Aceh

Gunongan merupakan bangunan di Aceh yang dibangun pada awal abad ke-17. Bangunan yang memiliki tinggi sekitar 9,5 meter ini, terletak di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh. Arsitekturnya terbilang unik karena menyerupai bentuk gunung atau bukit.

Arsitek Terbaik Indonesia

Indonesia memiliki banyak arsitek yang berhasil menciptakan bangunan terbaik di Indonesia. Berikut di antaranya:

1.Han Awal

Han Awal merupakan arsitek yang ikut berkontribusi dalam pembangunan Gedung Museum Arsip Nasional (pemugaran). Dalam karirnya, Han dikenal sebagai arsitek pemugaran (konservationis) bangunan-bangunan tua, karya pemugarannya meliputi Gereja Katedral Jakarta, Gedung Arsip, Gedung Bank Indonesia Jakarta Kota dan Gereja Immanuel.

2.Y.B Mangunwijaya Pr.

Dalam bidang arsitektur lulusan Teknik Arsitektur ITB, 1959 dan Rheinisch Westfaelische Technische Hochschule, Aachen, Jerman, 1966, ini dijuluki sebagai bapak arsitektur modern indonesia. Karyanya yang terkenal adalah Bentara Budaya Jakarta, berbagai gereja dan kawasan pemukiman Kali Code.

3.Hendra Hadiprana

Arsitek satu ini karyanya berada di Hong-Kong: Ramayana Galleries Hotel Hilton dan Bank Niaga Indonesia. Selain itu karyanya juga meliputi hotel-hotel di Indonesia, klienya termasuk keluarga dekat Soeharto. Karya paling barunya yang bisa dilihat adalah Gedung Universitas Bina Nusantara dan Bandara di Kalimantan Timur.

4.Achmad Noeman

Achmad Noeman terkenal sebagai maestro arsitektur masjid Indonesia. Sudah banyak karyanya seperti Masjid Salman ITB, Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki, Masjid at-Tin Jakarta, Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Soeharto di Bosnia dan Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan.

5.Fredrich S Silaban

Karya-karyanya menghiasi ibukota Jakarta. Siapa yang tidak kenal Monumen Nasional, Gelora Senayan dan tentunya yang paling membangakan adalah Masjid Istiqlal ?. Selain Masjid Istiqlal, Monumen Nasional menjadi hasil rancangannya setelah Soekarno memerintahkannya merancangulang hasil sayembara sebelumnya.

6.Ridwan Kamil

Dalam kariernya, selain berhasil berkontribusi dalam pembangunan Museum Tsunami Aceh dan Rasuna Epicentrum, Ridwan Kamil juga diakui karena aktivitas sosialnya dan kontribusinya terhadap masyarakat. Salah satu penghargaan yang didapatnya adalah dalam Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania pada 2013. (tro)

(rhs)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: