Selamat Hari Arsitektur Indonesia! : Okezone Economy

https: img.okezone.com content 2017 03 18 470 1646224 selamat-hari-arsitek-indonesia-vQfJvKkftU.jpg


JAKARTA – Hari ini, 18 Maret, diperingati sebagai Hari Arsitektur Indonesia. Arsitektur sebenarnya bukanlah profesi baru. Sejak dulu, arsitektur telah menjadi bahan perbincangan, diskusi, dan kekaguman.

Sampai zaman sekarang pun cukup banyak pendapat dan telaah tentang arsitektur. Mulai dari metode merancang, teori, sampai pengaruh dan apresiasi arsitektur.

Tidak heran jika arsitektur memiliki definisi yang banyak dan beragam. Pada zaman Vitruvius arsitektur identik dengan gedung (termasuk kota/benteng, aquaduct/instalasi air).

Akan tetapi, kini kata arsitektur juga dipakai oleh disiplin ilmu lain, seperti istilah arsitektur untuk komputer, arsitektur internet, arsitektur kapal, arsitektur strategi perang bahkan ada istilah arsitektur parsel.

Secara gamblang istilah-istilah itu merujuk pada gagasan atau ide rancangan yang akan diwujudkan menjadi nyata. Demikian seperti dikutip Sabtu (18/3/2017), dari buku Ensiklopedia Mini, Mengenal Tokoh Arsitek Indonesia, karya Irfan Arifudin, terbitan Angkasa Bandung.

Akan tetapi, makna arsitektur secara lebih khusus adalah keseluruhan proses mulai dari pemikiran/ide atau gagasan, kemudian menjadi karya/rancangan, dan diwujudkan menjadi hasil karya nyata yang dilakukan secara sadar (bukan berdasarkan naluri) dengan tujuan memenuhi kebutuhan akan ruang guna mewadahi kegiatannya yang diinginkan serta menemukan keberadaan dirinya.

(rhs)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: