Pemkot Blitar Tak Batasi Pendirian Ruko


Ilustrasi.(Foto : rumahdijual.com)
Ilustrasi.(Foto : rumahdijual.com)

Pengembang ruko (rumah toko) di Kota Blitar masih bisa meneruskan usahanya. Sebab, Pemkot Blitar melalui Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Blitar tidak akan memberikan batasan pembangunan ruko.

Kepala KPPT Kota Blitar Suharyono mengaku selama ini perekonomian di Kota Blitar rata-rata bertumpu di sektor perdagangan dan jasa. Dari sektor tersebut, ruko merupakan fasilitas penunjang utama.

“Selama pembangunan ruko sudah sesuai dengan aturan tata ruang dan izinnya terpenuhi, KPPT akan memberikan izin pembangunan ruko. Asumsinya, dengan semakin banyak ruko, semakin maju perdagangan dan jasa di Kota Blitar,” ujar Suharyono.

Ada target lain yang diharapkan Pemkot Blitar dengan tidak menghentikan pembangunan ruko. Jika tempat usaha banyak, itu bisa menyerap pengangguran di Kota Blita.

Suharyono menambahkan, justru KPPT khawatir apabila izin pembangunan ruko di Kota Blitar dipersulit, bisa berdampak pada banyak pengusaha yang pindah ke Kanigoro sebagai ibu kota baru Kabupaten Blitar. Akibatnya, ekonomi Kota Blitar bisa hancur.

“Apabila investor benar-benar pindah ke daerah lain, dibutuhkan waktu setidaknya lima tahun bahkan lebih untuk kembali membangun perekonomian Kota Blitar agar bisa kembali ramai,” tandasnya.

Saat ini di beberapa titik di Kota Blitar memang telah dibangun pertokoan. Salah satunya adalah pertokoan di perempatan Jalan Anjasmoro. (*) 



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: