Cosmas Gozali Kehilangan Sosok Zaha Hadid, Sang Ratu Arsitektur : Okezone Economy

https: img.okezone.com content 2016 04 01 470 1351563 cosmas-gozali-kehilangan-sosok-zaha-hadid-sang-ratu-arsitektur-BMtZabzHAo.jpg


JAKARTA – Arsitektur dunia kini sedang berduka lantaran kehilangan seorang arsitek wanita paling berpengaruh di dunia, Zaha Mohammad Hadid yang tutup usia pada 65 tahun. Zaha Hadid meninggal dunia pada 31 Maret 2016 di Miami, Amerika Serikat (AS) pada waktu setempat lantaran serangan jantung.

Rasa kehilangan terhadap Zaha Hadid pun ternyata dirasakan oleh arsitek Indonesia. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh arsitek Cosmas Damianus Gozali yang memiliki studio arsitektur bernama Arya Cipta Graha yang juga dikenal Atelier Cosmas Gozali.

Dia mengatakan, dunia sangat kehilangan seseorang arsitek yang mampu menjadi panutan luar biasa atau unggul dalam arsitektur dunia. Bahkan, arsitektur dunia pun harus kembali menanti ‘kelahiran’ seorang arsitek luar biasa lainnya seperti yang pernah Zaha Hadid hasilkan.

“Dunia kehilangan seseorang yang uber talented, dan itu menjadikan keberadaan arsitektur dunia harus menunggu lagi akan kelahiran arsitek baru, yang belum tentu akan ada lagi seperti Zaha Hadid,” ujarnya kepada Okezone, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Dia menjelaskan, keunggulan Zaha Hadid bukan hanya dilihat dari keunikan desain yang dirancang dan dibangunnya. Akan tetapi, justru konsistensi terhadap filosofi karir yang dipegang sepanjang karirnya pun selalu dipegang tegih dan patut diacungkan jempol.

“Kehebatan Zaha Hadid bukan hanya dari keunikan desain yang dihasilkannya, tapi ketahanan dan konsistensi beliau selama berpuluh-puluh tahun akan kepercayaan terhadap filosofi yang dia miliki dan dia perjuangkan terus, walaupun banyak yang tidak percaya,” terang dia.

(rzk)



Untuk Info/Edukasi lebih lanjut, Silahkan Kunjungi SUMBER Berita, Artikel dan Foto ini, di : Source link

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
%d blogger menyukai ini: